2. Joker (2019).

film Netflix tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Joker merupakan film Netflix tentang psikopat berlatar pada 1981 yang mengisahkan Arthur Fleck, seorang badut Partai dan calon komedian stand-up. Ia tinggal bersama ibunya, Penny, di Kota Gotham yang sarat kejahatan di tengah resesi.

Arthur menderita kelainan saraf yang menyebabkan dia tertawa pada waktu yang tidak tepat, sehingga membutuhkan pengobatan. Setelah Arthur diserang oleh anak-anak nakal, rekan kerja Arthur, Randall, memberinya senjata untuk membela diri. Arthur mengejar hubungan dengan tetangganya, ibu tunggal Sophie, dan mengundangnya untuk melihat rutinitasnya di klub komedi Pogo.

Keadaan Arthur semakin parah saat ia berada di kereta bawah tanah. Saat itu, ia masih dalam riasan badut dan dipukuli oleh pengusaha mabuk dari Wayne Investments. Tak tahan melihat tingkah pengusaha tersebut, Arthur menembak dan membunuh tiga orang yang mengganggunya tersebut. Pembunuhan itu dikecam oleh calon walikota miliarder Thomas Wayne yang menyebut lawan politiknya "badut".

Para pengunjuk rasa mengenakan topeng badut dalam gambar Arthur. Pemotongan anggaran menutup program layanan sosialnya dan meninggalkan Arthur tanpa obatnya. Sejak saat itulah, Arthur yang memakai kostum badutnya menjadi inspirasi warga Gotham sebagai Joker.

3. Halloween (2018).

film Netflix tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Halloween merupakan film Netflix tentang psikopat yang mengisahkan Michael Myers yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Smith Grove selama 40 tahun setelah pembunuhan massal di Haddonfield. Ia sedang dipersiapkan untuk pindah ke penjara dengan keamanan super ketat. Podcast kejahatan sejati Aaron Korey dan Dana Haines mengunjungi rumah sakit dan, selama pertemuan mereka, Aaron menampilkan topeng yang dikenakan Michael pada 1978 kepadanya.

Keesokan harinya, saat Myers dipindahkan, bus yang membawanya mogok dan pasien mulai berkeliaran di jalan. Kecelakaan itu menyebabkan ayah dan anak berhenti untuk melihat apa yang terjadi. Michael membunuh mereka berdua, mengambil truk mereka dan kembali ke Haddonfield.

4. Jigsaw (2017).

film Netflix tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Jigsaw merupakan film Netflix tentang psikopat yang menjadi angsuran kedelapan dalam serial film Saw. Film ini mengisahkan kriminal Edgar Munsen dikejar oleh polisi setelah hampir satu dekade kematian John Kramer.

Film ini bermula saat sebuah peristiwa membuat penduduk sebuah kota mati dengan cara mengenaskan dan mengerikan. Kematian mereka dianggap sebagai kematian misterius dan pelaku atas kejahatan tersebut mengarah kepada John Kramer, salah seorang pembunuh yang dijuluki Jigsaw. Namun, Kramer sudah mati satu dekade lalu dan para polisi mencurigai Edgar Munsen sebagai pelakunya.

5. Split (2016).

film Netflix tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Split merupakan film Netflix tentang psikopat yang berkisah tentang Kevin Wendell Crumb, seorang pria yang berjuang dengan gangguan identitas disosiatif (DID) yang berakar pada sejarah pelecehan masa kecilnya. Selain itu, hal itu juga disebabkan karena sebuah pengabaian yang selama ini membuatnya mengalami masalah kepribadian. Walaupun begitu, ia bisa hidup dengan mengelola 23 kepribadiannya yang berbeda selama beberapa tahun dengan bantuan terapisnya Dr. Karen Fletcher.

Semua kepribadiannya tersebut punya karakter yang berbeda-beda, mulai dari yang masih dianggap biasa, hingga yang membawa petaka bagi lingkungan sekitarnya. Apalagi, saat kepribadian yang ke-24 yang dijuluki "The Beast" hadir dan bahkan membuat terapis Dr. Karen kelimpungan menghadapi Kevin yang lain tersebut. The Beast punya kecenderungan psikopat yang membuatnya bisa membuat onar kapan saja.

6. Scream (2015).

film Netflix tentang psikopat berbagai sumber

foto: imdb.com

Scream merupakan film Netflix tentang psikopat yang menjadi serial pertama tayang. Film ini mengisahkan sekelompok remaja yang dikuntit dan ditargetkan oleh seorang pembunuh berantai bertopeng. Berlatar di kota fiksi Lakewood, Emma Duval, seorang gadis remaja, terkait dengan peristiwa mengerikan di masa lalu kota itu.

Saat obsesi utama si pembunuh mulai menguasai setelah pembunuhan brutal di masa sekarang, Emma mendapati dirinya berada di tengah bahaya. Tahu keluarga dan teman-temannya dalam bahaya, dia berangkat untuk mengungkap misteri gelap kota dan membuka kedok identitas Lakewood Slasher yang dianggap sebagai seorang psikopat pelaku pembunuhan berantai.