Brilio.net - Sejak pertama kali Netflix menancapkan bisnisnya di Korea Selatan pada 2016, industri film di negara tersebut semakin marak. Sampai saat ini, sudah banyak film Korea yang dirilis Netflix dan berhasil menarik antusiasme penontonnya.

Selain itu, eksplorasi tema maupun genre film yang dihadirkan film Korea semakin beragam. Tidak hanya film-film dengan tema romantis, melainkan juga tema-tema aksi hingga misteri. Film-film tersebut berhasil meraih poin yang cukup tinggi di antara film-film Korea lain yang selama ini ada di Netflix.

Walaupun belum bisa meraih skor maksimal, film-film tersebut menjadi salah satu rekomendasi yang layak ditonton untuk menemani liburan akhir tahun.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (8/12), berikut 11 Film Korea terbaik di Netflix versi IMDb, genre aksi hingga misteri.

1. Burning (2018).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Burning merupakan film thriller psikologis yang mengisahkan Ben (Steven Yeun) yang berhasil membuat film ini menerima pujian kritis untuk alur cerita dan penampilannya yang menakutkan. Jong-Su (Yoo Ah-in), seorang novelis muda, bertemu dengan teman masa kecilnya, Hae-mi (Jeon Jong-Seo), dan mulai saling menyukai satu sama lain. Hae-mi kemudian akan berencana melakukan perjalanan ke Afrika dan meminta bantuan Jong-su. Dalam perjalanan, ia Hae-mi kemudian bertemu dengan Ben yang menjadi teman selama perjalanannya. Namun, Jong-Seo kemudian menaruh curiga kepada Ben dan sama sekali tidak mempercayainya. Saat Hae-mi menghilang, Jong-su menjadi curiga hingga paranoia. Jong-Su yakin bahwa Ben ada hubungannya dengan kepergian Hae-mi dan Jong-Su mencoba mengambil tindakan lebih untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi. Film ini berhasil menarik perhatian penonton Netflix dan berhasil meraih skor 7,5 di IMDb.

2. Forgotten (2017).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Forgotten mengambil cerita tentang ketidakmampuan seseorang untuk menentukan kenyataan yang dialaminya dari kebohongan baru yang sudah dilakukan. Seorang pemuda pindah ke rumah baru bersama orang tua dan kakak laki-lakinya pada 1997. Suatu malam, ia menyaksikan saudaranya diculik dan hilang selama 19 hari. Saudaranya tersebut kemudian secara tiba-tiba muncul kembali, tetapi sebagai orang yang berbeda. Namun, saat ia menyadari bahwa dirinya dalam keadaan bahaya, ia kemudian sadar bahwa ia bukan lagi ada di tahun 1997, melainkan berada di masa depan pada 2017. Setelah mengalami berbagai kebingungan, ia segera mencari tahu apa yang sedang menimpanya. Film ini berhasil meraih skor 7,4/10 di IMDb.

3. Steel Rain (2017)

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Steel Rain merupakan film yang digemari oleh semua penggemar film aksi. Suasana penuh ketegangan saat agen khusus Korea Utara ditugaskan membunuh dua pria yang merencanakan kudeta. Sambil menunggu targetnya, tentara jahat menyerang penampilan publik dan melukai pemimpin negara. Agen tersebut mempertaruhkan nyawanya untuk bisa selamat dan bisa bersembunyi di tempat yang aman. Di sisi lain perbatasan di Korea Selatan, kepala urusan keamanan luar negeri mengetahui kemungkinan kudeta. Kemungkinan tersebut menjadi lebih kompleks ketika kepala urusan keamanan luar negeri mengetahui pemimpin dan agen Korea Utara telah pergi ke Seoul. Film yang diadaptasi Webtoon ini berhasil meraih skor 7,1 di IMDb.

4. The Witch: Part 1 (2018).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

The Witch: Part 1 berawal dari kisah seorang gadis muda yang diduga tewas setelah kecelakaan di laboratorium. Namun, kenyataannya, gadis tersebut melarikan diri dan diadopsi oleh pasangan yang penuh kasih. Seiring bertambahnya usia, ia mulai menderita migrain dan punya kekuatan tertentu. Gadis tersebut kemudian bertekad untuk membantu keluarganya secara finansial dengan mengikuti kompetisi menyanyi. Namun, pilihan tersebut membuat diri tahu kekuatan yang ada dalam tubuhnya dan pencipta alat tersebut sedang melacaknya. Hidupnya kemudian memburuk karena kemampuan supernya dan dia harus menemukan obat penawar dari kekuatan tersebut. Gadis tersebut tampak jauh lebih cerdas daripada yang dipikirkan semua orang. Film ini berhasil meraih skor 7,1/10 untuk kisah yang penuh konspirasi.

5. The Call (2020).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Panggilan telepon tidak pernah lebih menakutkan. Namun, hal panggilan telepon menjadi hal lain dalam film The Call. The Call adalah film dengan campuran ketakutan, sensasi, dan sedikit fantasi. Film ini sebenarnya terinspirasi oleh film Inggris dan Puerto Rico, The Caller, dan membawa penontonnya melalui realitas brutal tentang apa yang dapat menyebabkan perubahan nasib seseorang. Film ini mengisahkan seorang wanita muda mengunjungi ibunya di sebuah kota perdesaan dan menggunakan telepon nirkabel mode lama setelah kehilangan ponselnya. Di ujung lain adalah seorang wanita muda yang mengaku disiksa oleh ibunya. Wanita muda itu menyimpulkan bahwa wanita lain itu pernah tinggal di rumahnya, tetapi pada tahun 1999. Keduanya memiliki pendidikan yang tragis, mereka bekerja sama untuk mengubah nasib mereka. Sementara satu berkembang, yang lain mengambil jalan gelap dan memutar dan itu adalah permainan tarik tambang yang hidupnya akan menang. Film ini berhasil meraih 7,1/10 di IMDb.

6. Tune in For Love (2019).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Tune in For Love merupakan film yang mengambil tempat dalam lompatan waktu selama bertahun-tahun . Film ini adalah kisah indah dari dua karakter yang bertemu kembali lagi dan lagi setelah banyak perubahan hidup dan bertahun-tahun berpisah. Entah bagaimana mereka selalu menemukan cara untuk kembali satu sama lain. Cerita dimulai pada 1995 ketika seorang pria muda mengunjungi toko roti yang dijalankan oleh dua wanita. Hyun-woo (Jung Hae-in) baru saja dibebaskan dari tahanan remaja dan mendapat pekerjaan di toko roti. Dia mengembangkan ikatan dengan Mi-soo (Kim Go-Eun). Tapi suatu malam, perkelahian membuatnya kehilangan kebebasannya saat dia melanggar persyaratan masa percobaannya. Keduanya bertemu kembali beberapa tahun kemudian. Kehidupan mereka berdua telah melalui banyak perubahan, dan mereka tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk benar-benar mengembangkan hubungan mereka menjadi sesuatu yang lebih, tetapi mereka selalu berharap mereka akan bertemu lagi. Tune in For Love berhasil meraih skor 7,1/10 di IMDb.

7. Pandora (2016).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Bersamaan dengan Train to Busan dan Parasite, Pandora merupakan film Korea lain yang membuat beberapa buzz. Plot film bencana 2016 ini mengisahkan kisah bencana tragis yang membuat karakter utama membuat keputusan untuk menyelamatkan nyawa. Jae-hyeok (Kim Nam-Gil) telah bekerja untuk pembangkit listrik lokal selama bertahun-tahun. Suatu hari, gempa bumi menyebabkan reaktor nuklir menjadi terlalu panas. Seluruh kota kemudian terkena radiasi dan dalam keadaan bahaya. Situasi tersebut kemudian menjadi lebih buruk ketika pemerintah menolak untuk menerima kesalahan. Jae-hyeok tahu satu-satunya cara untuk menghentikan kehancuran lebih, ia mencoba menghentikan pabrik agar tidak mencair akibat kecelakaan tersebut. Film ini berhasil meraih skor 6,7 di IMDb.

8. Space Sweepers (2021).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Space Sweepers merupakan film fiksi ilmiah yang mengisahkan tentang masa depan dystopian saat Bumi tidak lagi dapat dihuni dan pemerintah mengizinkan warganya untuk tinggal di pesawat ruang angkasa sebagai penyapu ruang angkasa. Saat di Pesawat Luar Angkasa, banyak kejutan tak terduga. Di dalamnya, ada seorang anak bernama Dorothy (Park Ye-rin). Namun anak manis ini sebenarnya adalah robot yang dibuat untuk menjadi senjata pemusnah massal. Saat kru semakin terikat padanya, moral mereka diuji karena mereka awalnya ingin menyerahkannya demi uang. Film yang diperankan oleh Song Joong-ki ini meraih skor 6,6 di IMDb.

9. Wish You: Your Melody From My Heart (2020).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Wish You: Your Melody From My Heart merupakan film Korea yang mengisahkan seorang penyanyi yang penuh harapan dan bercita-cita tinggi. Penyanyi tersebut selalu bekerja hari demi hari dengan tampil di jalanan. Ketika penampilannya diunggah secara online, seorang keyboardist di sebuah perusahaan rekaman menjadi penggemar. Keyboardist mengundang penyanyi jalanan tersebut untuk bergabung dengan program penemuan artis baru perusahaan. Saat mereka hidup dan bekerja bersama, mereka mengembangkan perasaan satu sama lain, tetapi cinta mereka tidak datang dengan mudah, karena hidup memberi mereka rintangan yang harus mereka atasi. Film ini berhasil meraih skor 6,5/10 di IMDb.

10. Svaha: The Sixth Finger (2019).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

Svaha: The Sixth Finger merupakan kisah yang dimulai saat kilas balik dua gadis kembar yang dilahirkan, tetapi salah satunya dibuang karena perbedaan fisiknya. Di sisi lain adalah seorang pendeta yang tugasnya mengungkap aliran sesat, yang ditugaskan untuk menyelidiki kelompok agama yang misterius. Dalam penyelidikannya, ia mengungkap cerita dan sistem kepercayaan yang mengejutkan. Film ini berhasil meraih 6,3/10 di IMDb.

11. #Alive (2020).

Film Korea terbaik di Netflix  berbagai sumber

foto: imdb.com

#Alive menceritakan sebuah kota yang menjadi kacau dan mengubah manusia menjadi zombie. Oh Joon-woo (Yoo Ah-in) saat itu menghabiskan waktunya dengan bermain game di apartemen miliknya. Kemudian seorang pemain meminta bantuan Joon woo untuk menonton tv. Dari situlah ia menyadari bahwa seluruh kota menjadi kacau. Film yang mengingat pada film Train to Busan ini meraih skor 6,3 di IMDb.

(brl/guf)