×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Film India dengan biaya termahal sepanjang sejarah Bollywood

View Image

0

BRILIO » Film

11 Film India dengan biaya termahal sepanjang sejarah Bollywood

Ada yang mendekati angka Rp 1 triliun!

29 / 04 / 2017

Brilio.net - Perfilman Bollywood kini memang tengah naik daun. Tak hanya diminati penikmat film dari India saja, film-film Bollywood tersebut juga menyita perhatian para penikmat film dunia. Tak hanya itu, banyak dari film tersebut yang akhirnya mendapatkan penghargaan.

Bila menilik ke belakang tentang sejarah perfilman India, film Raja Harishchandra (1913) karya Dadasaheb Phalke adalah film bisu layar lebar pertama produksi India. Pada tahun 1930-an, industri film di India menghasilkan lebih dari 200 judul film per tahun. Sementara itu, film bersuara produksi India yang pertama, Alam Ara (1931) karya Ardeshir Irani sukses sebagai film laris.

India memiliki pasar yang luas untuk film bersuara dan film musikal, sehingga Bollywood dan industri film regional di India beramai-ramai mulai memproduksi film bersuara. Sejak saat itulah banyak film-film lahir di Bollywood.

Rupanya, ada 11 film yang dibuat dengan biaya termahal dan fantastis sepanjang sejarah berdirinya Bollywood. Penasaran film apa saja? Intip yuk daftarnya berikut ini yang dirangkum brilio.net dari Grabhouse, Sabtu (29/4).

1. 2.0 (Rp 700 miliar).

Loading...

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Film ini merupakan film science fiction yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Amy Jackson. Film ini disebut-sebut sebagai film dengan budget paling mahal di Bollywood sepanjang sejarah. Film yang satu ini dijadwalkan akan rilis pada 25 Januari tahun 2018 mendatang.

2. Baahubali (Rp 400 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Baahubali adalah sebuah film fiksi sejarah tahun 2015 yang disutradarai oleh S. S. Rajamouli. Diproduksi oleh Shobu Yarlagadda dan Prasad Devineni, film tersebut adalah film pertama dari dua bagian sinematik. Film tersebut dibuat dalam bahasa Telugu dan Tamil dan di-alih bahasa-kan dalam bahasa Hindi, Malayalam dan Perancis.

3. I (Rp 360 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Film dengan judul hanya satu huruf ini adalah film dengan genre romantis thriller yang disutradarai oleh Shankar dan dibintangi oleh Vikram dan Amy Jackson sebagai tokoh utama. Efek visual di film ini dikerjakan oleh V. Srinivas Mohan lewat Rising Sun Pictures.

4. Prem Ratan Dhan Payo (Rp 360 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Prem Ratan Dhan Payo adalah film drama romantis Bollywood yang dibintangi oleh Salman Khan dan Sonam Kapoor. Film arahan sutradara Sooraj Barjatya ini menceritakan pangeran Vijay yang nyaris terbunuh menjelang hari pemahkotaannya. Namun Vijay terluka parah dan harus dirawat secara rahasia.

Pada saat yang sama muncullah Prem Dilwale, seorang aktor drama yang sangat mirip Vijay. Prem kemudian diplot untuk menggantikan posisi Vijay sementara ia koma, namun konspirasi di sekeliling istana masih terus bergulir.

5. Dhoom: 3 (Rp 350 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Dhoom: 3 adalah sebuah film thriller aksi India tahun 2013, yang ditulis dan disutradarai oleh Vijay Krishna Acharya dan diproduksi oleh Aditya Chopra. Film ketiga dari serial Dhoom ini menampilkan Aamir Khan sebagai antagonis dan Katrina Kaif, dengan Aktor Abhishek Bachchan sebagai peran utama.

Dhoom: 3 dirilis pada 20 Desember 2013, dan menandai film tersebut sebagai film Bollywood pertama yang dirilis dalam format film gambar bergerak IMAX dengan Dolby Atmos yang mengatur suaranya.

6. Bang Bang! (Rp 320 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Bang Bang! adalah film action comedy yang disutradarai oleh Siddharth Anand dan dibuat oleh Fox Star Studios. Film ini merupakan film remake dari film Hollywood Knight and Day. Film ini dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Katrina Kaif.

7. Happy New Year (Rp 300 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Happy New Year adalah sebuah film komedi aksi India 2014 yang disutradarai oleh Farah Khan dan diproduksi oleh Gauri Khan di bawah spanduk Red Chillies Entertainment. Film tersebut menampilkan Shahrukh Khan, Abhishek Bachchan, Deepika Padukone, Boman Irani, Sonu Sood, Vivaan Shah dan Jackie Shroff.

Film tersebut didistribusikan di seluruh dunia oleh Yash Raj Films. Happy New Year menandai kolaborasi ketiga Khan dengan sutradara tersebut. Mereka sebelumnya berkarya pada Main Hoon Na (2004) dan Om Shanti Om (2007), yang juga menampilkan Padukone sebagai pemeran wanita utama.

8. Kick (Rp 280 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Kick adalah sebuah film aksi India 2014 yang diproduksi dan disutradarai oleh Sajid Nadiadwala di bawah spanduk Nadiadwala Grandson Entertainment. Film tersebut adalah remake resmi dari film Telgu Kick yang dirilis pada 2009. Film tersebut menampilkan Salman Khan, Jacqueline Fernandez, dan Randeep Hooda dalam peran utama dan Nawazuddin Siddiqui, memerankan antagonis utama.

9. Endhiran (Rp 264 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Endhiran adalah film fiksi ilmiah India berbahasa Tamil yang disutradarai oleh S. Shankar. Film ini dibintangi oleh Rajinikanth dan Aishwarya Rai sebagai pemeran utama. Pada 2009, produksi film dan hak distribusinya dibeli oleh Sun Pictures, dengan Kalanidhi Maran dan Hansraj Saxena, untuk kali pertama sebagai produsen.

10. Ra.One (Rp 260 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Ra.One adalah sebuah film pahlawan super India 2011 yang disutradarai oleh Anubhav Sinha, dan dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Arjun Rampal, Kareena Kapoor, Armaan Verma, Shahana Goswami dan Tom. Film tersebut mengisahkan tentang Shekhar Subramanium (Khan), seorang perancang permainan yang membuat permainan berbasis sensor gerak di mana peran antagonis-nya (Ra.One) memiliki kekuatan lebih besar ketimbang peran protagonis-nya (G.One).

11. Mughal-E-Azam (Rp 3 miliar).

Film Bollywod Termahal di India © 2017 brilio.net

Mughal-e-Azam adalah sebuah film drama sejarah epik India 1960 yang disutradarai oleh K. Asif dan diproduksi oleh Shapoorji Pallonji. Dibintangi oleh Prithviraj Kapoor, Dilip Kumar, Madhubala, dan Durga Khote, film tersebut mengisahkan hubungan percintaan antara Pangeran Mughal Salim (yang akan menjadi Kaisar Jahangir) dan Anarkali, seorang penari. Ayah Salim, Kaisar Akbar, tidak menyetujui hubungan tersebut, yang berujung pada perang antara ayah dan putranya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    78%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    11%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more