Brilio.net - Bollywood adalah nama tidak resmi untuk industri film India populer berbahasa Hindi yang berbasis di Mumbai. Istilah "Bollywood" sendiri kadang-kadang dipakai secara salah merujuk pada seluruh film India, yang sebenarnya memiliki banyak pusat industri film, misalnya film berbahasa Tamil berbasis di Kodambakkam, di kawasan Chennai yang terkenal dengan julukan "Kollywood", film berbahasa Telugu berbasis di Hyderabad, dijuluki "Tollywood".

Nama "Bollywood" berasal dari gabungan Bombay (nama lama untuk Mumbai) dan Hollywood. Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Film-film Bollywood secara resmi disebut sinema Hindi. Tak hanya India saja, banyak sekali negara-negara lain yang masyarakatnya juga menggemari film Bollywood, sehinga bisa dikatakan film-film Bollywood tersebut telah mendunia. Bagaimana bisa negara-negara tersebut juga menikmati film-film Bollywood, yang mana film-film tersebut bahkan tidak menggunakan bahasa universal yakni bahasa Inggris? Ini dia fakta mengapa industri film Bollywood bisa mendunia yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (27/4).

1. Mampu dinikmati semua kalangan.

Industri Bollywood Mendunia © 2017 brilio.net-foto: timeout.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Film Bollywood dinilai mampu dinikmati semua kalangan. Hal ini terbukti, meski banyak sekali film Bollywood yang tidak ditayangkan di bioskop-bioskop, namun banyak film Bollywood yang ditayangkan di televisi, dan memiliki banyak penggemar.

2. Kaya akan jalan cerita dan sering mengangkat isu sosial.

Industri Bollywood Mendunia © 2017 brilio.net-foto: basedonthebook.blogspot.com

Sebut saja kisah cinta segitiga di Kuch Kuch Hota Hai, kisah cinta keluarga di Kabhi Khushi Kabhie Gham, kisah persahabat manusia dan alien di Koi Mil Gaya, hingga kisah haru para mahasiswa yang mendobrak sistem pendidikan yang ketat di Three Idiots. Film-film tersebut bukti bahwa film Bollywood kaya akan jalan cerita, dan tak melulu cinta-cintaan, serta banyak sekali kisah di film Bollywood tersebut yang mengangkat isu sosial seperti dilm Slumdog Millionaire yang sukses besar.

3. Produktifitas dari para sineas Bollywood yang tinggi dalam pembuatan film.

Industri Bollywood Mendunia © 2017 brilio.net-foto: dqchannels.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Bagaimana tidak? Hampir setiap tahun, puluhan film dihasilkan dari industri ini yang mengalahkan jumlah film yang dibuat Hollywood.

4. Banyak negara yang menyukai film dengan tambahan tari dan musik seperti film Bollywood.

Industri Bollywood Mendunia © 2017 brilio.net-foto: cnn.com

Tak hanya Indonesia, negara lain seperti Pakistan, Afghanistan, Mesir, hingga China, menggemari film-film Bollywood. Seperti yang dilansir brilio.net dari quora.com, Kamis (27/4), negara-negara tersebut menyukai film Bollywood karena dikombinasikan dengan tarian dan nyanyian, sehingga membuat film tersebut memiliki nilai jual yang berbeda dari film kebanyakan.

5. Didukung dengan aktor dan aktris yang tak hanya ganteng dan cantik tapi juga bertalenta.

Industri Bollywood Mendunia © 2017 brilio.net-foto: bollywood.celebden.com

Sebut saja Shah Rukh Khan, Priyanka Chopra, Aamir Khan, dan banyak aktor dan aktris Bollywood lainnya yang punya nama dan memiliki banyak penggemar tak hanya di India, tapi juga negara-negara lain. Seperti baru-baru ini, Aamir Khan mendapat sambutan yang luar biasa di China. Rupanya aktor kawakan Bollywood tersebut memiliki banyak fans di negara tersebut. Hal ini bermula dari film Three Idiots yang dibintangi Aamir Khan yang diputar di China dan mampu merebut banyak hati rakyat China beberapa tahun lalu.

(brl/nng)

Image Bank: Industri Bollywood Mendunia (urutan gambar ada di attachment)