Brilio.net - Jika ditanya soal keluarga, akan banyak pendapat tentangnya. Pengalaman satu orang dengan yang lain tentu saja berbeda karena mereka juga dilahirkan dari keluarga yang berbeda. Ada yang beruntung hidup di keluarga yang memperhatikannya secara emosional, apalagi secara finansial. Namun, ada juga hidup dengan malang dan sengsara karena keluarga.

Tema-tema semacam itulah yang sering kali dihadirkan dalam drama Korea yang bertema keluarga. Keluarga tidak selalu tampil hitam putih, melainkan tampil dengan beragam sudut pandang. Karena itu, drama-drama tersebut hadir untuk mengambil rumah sebagai ruang hidup sebagai fokus utama.

Drama-drama bertema keluarga selalu sukses bikin haru dan sedih saat membayangkan diri kita ada dalam kondisi yang dikisahkan dalam drama Korea tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (31/12), berikut 11 Drama Korea sedih tentang keluarga, dijamin bikin berurai air mata

1. Uncle (2021).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Uncle merupakan drama Korea yang bercerita tentang perjuangan Wang Jun-hyeok (Oh Jung-se), seorang paman yang melindungi keponakannya dari diskriminasi di lingkungan sekitarnya. Wang Jun-hyeok merupakan seorang musisi yang tidak populer dan sering mendapat hinaan dari temannya, ditinggal pacar, hingga hidupnya mencapai titik terendah. Wang Jun-hyeok kemudian memutuskan untuk merawat keponakannya sendiri setelah Wang Jun-hee bercerai dengan suaminya yang selalu berlaku kasar. Keponakannya Min Ji-hoo (Lee Kyung-hoon) mengalami gangguan obsesif-kompulsif setelah perceraian ibu dan ayah tirinya tersebut.

2. My Unfamiliar Family (2020).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

My Unfamiliar Family bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan tiga anaknya. Drama ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang dipenuhi konflik dan prasangka antar satu sama lain. Tokoh utamanya, Kim Sang-Sik (Jung Jin-Young) merupakan sosok suami dan ayah yang berwatak keras kepala.

3. Hi Bye, Mama! (2020).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Hi Bye, Mama! bercerita tentang Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) yang terlibat dalam sebuah kecelakaan tragis saat sedang mengandung anaknya. Ia pun meninggal dunia, tetapi anaknya selamat. Meski sudah meninggal, kehidupan Yu-ri tidak berhenti begitu saja. Ia hidup dalam dimensi lain dan tetap setia mendampingi suaminya dan menjaga anaknya, Cho Seo-woo (Seo Woo-jin), meski mereka tidak dapat merasakan kehadiran Yu-ri sebagai seorang manusia.

4. Mother of Mine (2019).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother of Mine mengisahkan seorang ibu tunggal bernama Park Sun-ja (Kim Hae-sook) yang punya tiga putri yang cintainya, Kang Mi-sun (Yoo-sun), Kang Mi-ri (Kim So-yeon), dan Kang Mi-hye (Kim Ha-kyung). Sun-ja menjalankan restoran sederhana yang menjual sup daging sapi untuk berjuang menghidupi keluarga kecilnya tersebut.

5. Marry Me Now (2018).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Marry Me Now? menceritakan tentang Park Yoo-ha (Han Ji-hye) yang belajar keras di sekolah kedokteran dan menyelesaikan kursus internalnya. Dia bekerja keras untuk menjadi dokter karena anjuran dan semangat ayahnya. Ayahnya membesarkan empat anaknya sendiri dan adik tertuanya juga berkorban untuk keluarga. Karena itu, Yoo-ha tidak mau kalah untuk sama-sama berjuang menghidupi keluarganya.

6. My Only One (2018).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

My Only One bercerita tentang lika-liku kehidupan seorang Do Ran yang diperankan oleh Uee. Dia adalah putri seorang pembunuh yang dibesarkan oleh pamannya. Tanpa mengetahui identitasnya yang asli, Do Ran menjalani hidupnya dengan penuh perjuangan. Meski begitu sifat ceria dan positif membuatnya tetap tegar.

7. My Golden Life (2017).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

My Golden Life mengisahkan tentang seorang wanita bernama Seo Ji-an (Shin Hye-sun) dan kehidupan keluarganya yang rumit. Dia adalah seorang pekerja keras yang bekerja di Haesung Grup sebagai karyawan kontrak. Seo Ji-an juga kerap diperintahkan untuk melakukan pekerjaan yang bukan miliknya hingga membuat dirinya kesal.

8. Innocent Defendant (2017).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Defendant bercerita tentang Park Jung-woo (Ji Sung). Dia adalah seorang pria yang sudah menikah dan memiliki keluarga bahagia dengan sang istri Yoon Ji-soo (Son Yeo-eun). Jung-woo berprofesi sebagai seorang jaksa yang bersifat jujur dan tegas. Dia bekerja di Kantor Pusat Kejaksaan Seoul. Namun, suatu hari kemudian, ia dituduh telah melakukan pembunuhan istri dan anaknya sendiri. Ia dijatuhi hukuman mati dan mengharuskannya untuk mendekam di penjara. Jung-woo kemudian terus berusaha dan berpikir untuk mengungkapkan siapa pelaku di balik kasus yang menimpanya ini.

9. The Most Beautiful Goodbye in The World (2017).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

'The Most Beautiful Goodbye' sendiri menceritakan tentang seorang wanita paruh baya bernama In-Hee (diperankan Won Min-kyung) yang mendedikasikan hidupnya sebagai ibu rumah tangga. Ia didiagnosa terkena kanker stadium akhir dan harus mempersiapkan salam perpisahan untuk keluarganya. Drama ini ini merupakan drama re-make dari serial MBC dengan judul yang sama yang tayang pada 1996. Drama versi terbaru ini dibintangi aktris senior Won Min-kyung, Yoo Dong-geun, Kim Young-ok dan idola Minho SHINee.

10. My Fair Lady (2016).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

My Fair Lady merupakan kisah Kang Hye-na, satu-satunya penerus Grup Kang-san, pemilik 'Kastil Wanita' yang menjalani kehidupan 'seperti putri' dengan para pelayannya. Orang tua Hye-na meninggal karena kecelakaan pesawat dan kakeknya membesarkannya. Hye-na keras kepala dan egois, karena dia tidak bisa merasakan kehangatan keluarga saat tumbuh dewasa. Ia kemudian mengalami rentetan kehidupan yang mengharuskannya menghadapi banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

11. Reply 1988 (2015).

Drama Korea sedih tentang keluarga berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA dan hidup bertetangga hingga mereka dewasa. Drama ini berlatar pada 1988 saat semua karakternya masih kecil dan bersahabat dengan baik. Drama ini merupakan drama keluarga yang hangat dan tak jarang dapat membuat haru siapa pun yang menontonnya. Sebuah drama keluarga yang tak bosan untuk terus ditonton.

(brl/guf)