Brilio.net - Film, adalah sebuah media yang tepat untuk menyampaikan sebuah pesan. Sebuah film yang baik sudah tentu mempunyai suatu pesan moral yang berguna untuk kehidupan para penontonnya. Seperti halnya film, musik pun sejatinya adalah media penyampai pesan para musisi, entah untuk penguasa maupun para pendengarnya. Nah, kalau film musikal tentu harusnya semakin efektif dong menyampaikan pesan-pesan sosialnya?

Seperti 10 film musikal yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber. Selain terkandung pesan sosial yang kuat, film-film ini inspiratif untuk semua kalangan yang menontonnya.

1. Once.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Loading...

Film yang rilis tahun 2007 ini mengisahkan penyanyi jalanan mewujudkan mimpinya jadi penyanyi profesional dengan kerja keras.

2. Begin Again.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Film yang dibintangi Keira Knightley dan Adam Levine ini berkisah tentang lagu yang dikasih Gretta (Keira) kepada kekasihnya Dave (Adam Levine) melejit. Setelah mereka putus karena suatu masalah, Gretta berjuang untuk menemukan kesuksesannya sendiri.

3. High School Musical.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Film yang dibintangi oleh  Vanessa Anne Hudgens,Ashley Tisdale, Zac Efron ini bercerita tentang perjuangan anak-anak di sebuah sekolah musik dalam mengejar cita-citanya

4. Petualangan Sherina.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Petualangan Sherina menceritakan kisah perseteruan Sherina dan Sadam (Derbi Romero) di sekolah. Keduanya akhirnya bersahabat setelah terlibat masalah yang melibatkan saingan bisnis ayah Sadam ketika menjelajahi lembang.

 

5. Rumah Tanpa Jendela.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Film yang dibintangi Dwi Tasya dan Emir Mahira ini mengisahkan impian gadis kecil yang tinggal di rumah tripleks di sebuah pemukiman penduduk Jakarta ini punya rumah berjendela. Film semakin kompleks ketika gadis kecil bernama Rara (Dwi Tasya) bertemu Aldo (Emir Mahira), anak orang kaya yang kesepian.

6. Alvin and the Chipmunks.

alvin © 2016 brilio.net

Alvin and Chipmunks merupakan film bergenre komedi musikal arahan Tim Hill. Film ini dibuat berdasarkan karakter sama yang dibuat Ross Bagdasarian Sr. Kisahnya bercerita tentang Chipmunks yang sukses menjadi penyanyi.

Meski mendapat banyak kritik, faktanya film ini sukses secara finansial. Sekuelnya pun dibuat, berturut-turut: Alvin and the Chipmunks: The Squeakquel, rilis 2009, Alvin and the Chipmunks: Chipwrecked, rilis 2011 dan Alvin and the Chipmunks: The Road Chip, yang rilis pada 2015.

7. Frozen.

frozen © 2016 brilio.net

Film musikal fantasi komedi animasi 3D ini diproduksi studio animasi Disney dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada 2013. Diinspirasi dari dongeng karya Hans Christian Andersen The Snow Queen. Film ini bercerita

tentang perjuangan seorang putri, menyelamatkan kakaknya yang memiliki kekuatan es, yang membuatnya terjebak di kerajaan es abadi. Dalam misi penyelamatan dia dibantu oleh pemuda biasa, seorang tukang es.

Salah satu yang menonjol dari film ini adalah lagu soundtrack-nya "Let It Go" karangan pasangan penulis lagu, Robert Lopez and Kristen Anderson-Lopez,  memenangi Academy Award untuk kategori lagu orisinal pada ajang Academy Award ke-86 dan dua Grammy Award di ajang tahunan Grammy yang ke-57.

8. August Rush.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Film ini bercerita tentang seorang anak bernama Evan Taylor (Freddie Highmore) yang memiliki bakat musik luar biasa dari orang tuanya. Ia bisa mendengar musik dari desauan angin, gemericik air, bahkan kilau cahaya. Ia percaya, jika ia mengikuti musik itu, ia akan menemukan orang tuanya, meski seisi panti menyebutnya anak aneh.

9. The Sound Of Music.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Film musikal tahun 1965 yang diangkat dari buku The Von Trapp Family Singers yang ditulis oleh Maria von Trapp.

10. Whiplash.

Film Musikal © 2016 brilio.net

Film ini berkisah tentang Andrew (Miles Teller) mengejar ambisinya sebagai drummer jazz elite. Tapi ambisinya itu justru membuat dia kehilangan jati dirinya.