Brilio.net - Perselingkuhan menjadi salah satu ide dalam membuat drama karena ceruk pasar penonton yang besar. Hal ini dibuktikan dengan capaian film Selesai garapan Tompi yang saat ini sudah mencapai 100.000 penonton.

Film tersebut menuai kontroversi di kalangan warganet karena dianggap sebagai film yang seksis dan mengeksploitasi tokoh film yang dirugikan akibat perlakuan suaminya.

Film tema perselingkuhan sudah banyak digarap dalam film Indonesia. Film Maaf, Saya Menghamili Istri Anda (2007) menjadi salah satu film komedi yang cukup berani menampilkan judul semacam itu. Serta hadir dengan konflik yang bukan memberi jalan keluar, malah semakin bikin bingung tokoh utama untuk menyelesaikan masalahnya.

Selain itu, ada juga film Skandal (2011) yang diperankan oleh Uli Auliani. Film lain yang tak kalah menarik yaitu film Sang Sekretaris (2016), menampilkan akting Nikita Mirzani sebagai pelakor sekaligus sebagai usaha balas dendam kepada orang yang pernah menyakitinya.

Selain film-film tersebut, masih banyak lagi film Indonesia bertema perselingkuhan yang layak ditonton. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (20/8), berikut 10 film yang mengisahkan drama perselingkuhan.

1. Selesai (2021)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Selesai yang digarap Tompi dan Imam Darto menuai kritik dari warganet. Film yang menampilkan drama perselingkuhan ini dianggap seksis dan mengeksploitasi perempuan yang mengalaminya.

Film ini ramai diperbincangkan setelah Tompi dan tim membuka sesi percakapan di Space Twitter pada 19 Agustus 2021. Film yang diangkat dari kenyataan sehari-hari ini, menghadirkan cerita Ayu (Ariel Tatum) yang menjalani kehidupan rumah tangga dengan Broto, suaminya doyan selingkuh.

Film ini mengambil sudut pandang pelakor yang diperankan Anya Geraldine sebagai Anya. Film ini menampilkan bagaimana Ayu yang stres menghadapi Broto yang malah sering victim blaming atau menyalahkan dirinya sebagai isti. Film ini harus hati-hati ditonton bagi yang mudah ketrigger dengan kejadian semacam itu.

2. Wedding Agreement (2019)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Pernikahan semestinya dilandasi dengan perasaan mau sama mau antara dua orang yang saling mencintai. Namun, dalam Wedding Agreement, perasaan tersebut tergantikan dengan paksaan ibu Bian (Refal Hady) yang menjodohkannya dengan Tari (Indah Permatasari). Padahal, Bian sudah mempunyai seorang kekasih yang sudah dicintainya selama lima tahun, Sarah (Aghniny Haque).

Kenyataan tersebut membuat Bian melakukan perjanjian dengan Tari tepat sehari setelah akad dilangsungkan. Bian menyodorkan perjanjian pernikahan bahwa pernikahan mereka hanya berlangsung selama satu tahun. Mengetahui suaminya tak mencintainya, Tari pun menjalani kehidupan penuh kesedihan untuk mempertahankan rumah tangganya sekaligus merebut perhatian Bian dari Sarah.

3. Sang Sekretaris (2016)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: Youtube/Sevia Oktavia

Sang Sekretaris merupakan film yang mengisahkan skandal Reno (Rico Verald) dengan Tiara (Nikita Mirzani), sekretaris baru di kantornya. Skandal tersebut bermula saat Reno mabuk di sebuah klub malam pada acara ulang tahun temannya ditemani Tiara. Ia pun mabuk dan Tiara berkesempatan mengajak Reno untuk berhubungan intim.

Tiara merekam semua adegan itu dan menggunakannya untuk memeras Reno. Selain itu, Reno dipaksa Tiara untuk menceraikan istri yang dicintainya, Clara (Angel Karamoy).

Sebuah rahasia terkuak saat Reno memeriksa file master video tersebut di rumah Tiara. Tiara merupakan salah satu korban yang pernah diperkosa Reno di masa lalu.

4. Stay With Me (2016)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Stay With Me mengisahkan cerita Boy Dimas (Boy William) dan Deyna Fellita (Ully Triani) sebagai sepasang kekasih yang belum tuntas. Saat mereka saling menemukan dan cocok satu sama lain, Deyna pindah ke Eropa.

Boy dan Deyna dipertemukan kembali dalam keadaan mereka sudah sama-sama berkeluarga dan memiliki anak. Hubungan mereka pun terasa semakin kompleks, tetapi mereka sama-sama meyakini bahwa apa yang mereka mulai tahun-tahun sebelumnya mesti dilanjutkan kembali.

5. Satu Hari Nanti (2017)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Satu Hari Nanti merupakan film yang mengisahkan cinta Bima dan Alya sebagai sepasang kekasih. Mereka sama-sama tinggal di Swiss dan berusaha mengejar mimpinya masing-masing.

Walaupun sibuk dengan aktivitas harian, hubungan mereka pun terus bertahan karena faktor rasa takut. Hingga di kemudian hari datang Din dan Chorina sebagai sepasang kekasih lain dalam kehidupan mereka.

Pertemuan tersebut membuat mereka saling bertukar pasangan. Bima dengan Chorina dan Alya dengan Din. Keputusan tersebut dilakukan oleh keempat orang ini dengan sadar agar merasa lebih bahagia dan tidak menyakiti pasangannya satu sama lain.

Film ini barangkali menjadi salah satu film dengan relasi romantis yang cukup terbuka. Mereka berhasil menghindari drama perselingkuhan yang sering kali membuat salah satu pihak dirugikan secara materi maupun secara psikis.

6. Remember When (2014)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel karya Winna Efendi dengan judul yang sama, Remember When hadir menceritakan kisah cinta segiempat yang dialami oleh remaja sekolah.

Film ini mengisahkan Freya (Michelle Ziudith) yang bosan dengan rutinitas hariannya dan hubungan asmaranya dengan Moses (Miqdad Addausy). Freya ingin hubungan asmaranya seperti Gia (Stella Cornelia) dan Adrian (Maxime Baouttier) yang menjadi pasangan populer di sekolah.

Sampai suatu ketika, Freya dan Adrian menjalin hubungan gelap menjadi sepasang kekasih. Padahal, status mereka sama-sama menjadi pacar orang lain. Freya dan Adrian seperti menemukan kecocokan satu sama lain. Hingga akhirnya hubungan tersebut diketahui oleh Gia dan Moses.

Namun, hubungan Adrian dan Gia masih berlanjut sampai Freya pergi ke luar negeri untuk melanjutkan sekolah. Walaupun, hubungan Adrian dan Gia berlanjut, tetapi bagi Adrian Freyalah yang dicintainya.

7. Supernova (2014)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Supernova: Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh merupakan film yang diangkat dari novel seri pertama Supernova karya Dee Lestari. Film ini mengisahkan Ferre (Herjunot Ali), seorang eksekutif muda yang bertemu dengan Rana (Raline Shah) yang merupakan wakil pimpinan redaksi majalah di Indonesia.

Pertemuan tersebut berlanjut dan semakin mengikat keduanya, walaupun Rana sudah memiliki suami, Arwin (Fedi Nuril), seorang pengusaha dari keluarga terkenal dan terpandang di Jakarta. Film ini menampilkan drama hubungan romantis yang kompleks dengan kehadiran berbagai tokoh di dalamnya. Selain itu, hubungan Ferre dan Rana disadari oleh mereka sebagai hubungan yang salah.

8. Skandal (2011)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Skandal menampilkan drama perselingkuhan yang dilakukan oleh Mischa (Uli Auliani) yang jenuh dengan kehidupan rumah tangganya. Hal ini disebabkan oleh Aron (Mike Lucock), suami Mischa yang sibuk dengan pekerjaan barunya dan membuatnya lalai memberikan nafkah batin bagi istrinya. Sikap Aron yang dingin tersebut, membuat Mischa curiga kalau suaminya selingkuh dengan sekretarisnya (Laras Monica).

Tanpa ada komunikasi antara Mischa dan Aron, Mischa pun mengambil kesimpulan bahwa Aron telah selingkuh. Keyakinan tersebut membuat Mischa menjalin hubungan dengan Vincent (Mario Lawalata), mantan kekasihnya yang tidak punya komitmen pernikahan dengannya.

Hubungan tersebut semakin jauh karena Mischa merasakan kehadiran Vincent untuk memenuhi kebutuhan lahir-batinnya. Namun, hubungan tersebut membuat Vincent posesif dan membuat Mischa sadar bahwa ia telah menelantarkan suami dan anaknya, menelantarkan keluarga yang ia bangun dengan kebahagiaan. Film menampilkan komunikasi pasangan suami-istri yang tidak efektif satu sama lain.

9. Asmara Dua Diana (2009)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Asmara Dua Diana mengisahkan Asmara (Jamie Aditya), seorang laki-laki beruntung yang menikahi Diana Wulandari (Luna Maya), seorang anak tunggal dari pengusaha travel kaya di Jakarta. Namun, Asmara yang dikenal supel dan mampu menarik perhatian perempuan, ia pun menjalin hubungan cinta kasih dengan perempuan lain, Diana Dwiyana (Aura Kasih) yang mampu menaklukan hatinya.

Sampai suatu ketika, Asmara pun menjalin hubungan gelap dengan Diana Dwiyana hingga hamil. Hal ini kemudian membuat Asmara khawatir karena pacarnya tersebut punya kakak seorang kolonel yang bisa melakukan apa saja saat keluarganya diusik.

Asmara pun panik. Sementara itu, istrinya juga sedang hamil dan disambut gembira oleh keluarga mertuanya. Film ini menampilkan petualangan laki-laki ganjen yang diam-diam berselingkuh ketika semua hal duniawi ada di tangannya. Mulai dari istrinya yang cantik, hingga harta kekayaan mertuanya yang ia kelola. Namun, semua itu tidak menjamin membuat seseorang setia dengan pasangannya sendiri.

10. Maaf, Saya Menghamili Istri Anda (2007)

Film Indonesia tentang perselingkuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Maaf, Saya Menghamili Istri Anda merupakan film komedi perselingkuhan yang disutradarai oleh Monty Tiwa. Film ini mengisahkan Dibyo (Ringgo Agus Rahman), seorang artis figuran yang menjadi peran di berbagai sinetron, menjalin hubungan dengan Mira (Mulan Jameela) hingga hamil.

Padahal, Mira diketahui sebagai seorang istri Lamhot (Eddie Karsito), seorang yang dikenal sebagai seorang preman. Namun, saat Mira meminta suaminya untuk menandatangani surat cerai, kesalahpahaman terjadi. Lamhot malah meminta Dibyo untuk menikahi Butet (Shanty), adik Lamhot.

Film yang berhasil memenangkan MTV Indonesia Movie Award dalam kategori Best Running Scene menampilkan pergulatan seorang laki-laki yang sebenarnya bingung bagaimana harus menyelesaikan masalahnya.

Belum selesai dengan satu masalah, Dibyo malah ditimpa masalah yang sulit mereka hindari. Film ini menampilkan drama perselingkuhan yang hadir karena tak ada keterbukaan sesama pasangan resmi.