Brilio.net - Konflik di Afghanistan yang melibatkan kelompok Taliban dan pasukan asing dari Amerika Serikat sudah terjadi hampir 20 Tahun. Terlibatnya Amerika Serikat pada konflik yang terjadi di Afghanistan, tak lain disebabkan oleh serangan yang terjadi pada 11 September 2011.

Ketika itu, Presiden George W Bush menyuruh pasukan AS untuk melancarkan serangan terhadap kelompok Taliban, karena diyakini ada keterlibatan kelompok Taliban pada penyerangan 11 September 2011 yang menewaskan banyak korban jiwa.

Setelah hampir 20 tahun lamanya pasukan Amerika Serikat berada di Afghanistan, hingga pada akhirnya pada 1 Mei 2021, pemerintah AS secara resmi akan menarik pasukan mereka dari Afghanistan secara bertahap setelah konflik berkepanjangan yang telah menewaskan banyak korban jiwa.

Konflik yang terjadi di Afghanistan ini juga pernah diangkat ke film Hollywood lho, yang diambil dari kisah nyata dari buku yang berjudul Horse Soldiers karya Doug Stanton, film ini diberi judul 12 Strong.

12 Strong disutradarai oleh Nicolai Fuglsig dan Jerry Bruckheimar sebagai produser, lalu Peter Craig sebagai penulis naskah. Fuglsig selaku sutradara berhasil membuat bagi siapa saja yang menonton film ini akan merasakan ketegangannya, Fuglsig secara khusus menampilkan timeline perang serta strategi yang digunakan pasukan AS pada film 12 Strong ini.

12 Strong menyuguhkan berbagai nuansa yang bisa dirasakan ketika terjadinya peperangan, dimulai dari nuansa ketegangan, kesedihan, serta harapan, semua bisa kalian saksikan pada film ini.

Film produksi Warner Bros ini layak disaksikan kalau kamu memang menyukai film peperangan. 12 Strong bukan hanya saja film perang yang banyak menampilkan aksi peperangan tetapi 12 strong juga dibumbui dengan drama perang batin antara tokoh karakternya.

Menariknya lagi, film ini dibintangi oleh Chris Hemsworth, tentu kalian tidak usah meragukan lagi kualitas akting dari Chris Hemsworth. Chris yang sudah banyak membintangi film laga, pada film ini terlihat aktingnya begitu natural dan berkelas.

Selain Chris Hemsworth ada juga beberapa aktor yang juga terlibat dalam membintangi film ini seperti Michael Shannon, Michael Peña, Navid Negahban, Trevante Rhodes, Geoff Stults, Thad Luckinbill, William Fichtner, dan Rob Riggle.

12 Strong menceritakan tentang 12 orang pasukan khusus Amerika Serikat yang dikirim ke Afghanistan beberapa hari setelah peristiwa teror yang menghancurkan gedung World Trade Center pada 11 September 2001.

Film ini berupaya untuk menyajikan kisah drama yang kuat dengan memulai cerita dari dalam rumah, saat Kapten Mitch Nelson (Chris Hemsworth) sedang cuti dan bermain bersama anak dan istrinya. Menambah sisi dramatis, bahkan putri Mitch pulalah yang pertama kali melihat peristiwa teror yang terjadi lewat televisi.

Peristiwa ini mendorong Mitch untuk maju ke medan perang, padahal sebelumnya ia sempat meminta pindah divisi karena ingin lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarganya. Mitch dan tim berangkat ke Afghanistan dengan misi menaklukkan Taliban dan Al-Qaeda. Ia bertekad untuk kembali pulang karena janji yang telah ia ucapkan pada istrinya.

Film ini juga menceritakan keluarga dari beberapa pasukan yang berada di bawah kepemimpinan Mitch. Hal Spencer (Michael Shannon) harus berangkat dengan rasa sedih yang ditunjukkan oleh anak dan istrinya. Sementara di rumah Sam Diller (Michael Pena), istrinya mencoba untuk terlihat kuat di depan suaminya.

Ketika sampai di pangkalan militer AS di Uzbekistan, pasukan diminta untuk bekerja sama dengan Jenderal Dostum (Navid Negahban), salah satu jenderal Aliansi Utara. Hal tersebut tidak mudah, Mitch harus menyingkirkan rasa curiga di antara mereka agar bisa bekerja sama. Terlebih karena jumlah pasukan yang mereka miliki jauh lebih sedikit dari Taliban dan Al-Qaeda.

Dengan keterbatasan yang ada, Mitch dan Dostum harus menaklukkan pasukan Al-Qaeda dan Taliban yang dilengkapi dengan berbagai senjata perang canggih, termasuk tank-tank besar dan rudal. Awalnya pasukan Mitch dibantu dengan serangan udara dari militer AS, tetapi justru di saat genting, serangan udara tidak lagi dapat diluncurkan.

Akhirnya pasukan Mitch yang hanya berjumlah 12 orang dan pasukan Jenderal Dostum yang hanya memiliki ratusan pasukan berkuda serta peralatan perang seadanya pun mengandalkan keberanian mereka untuk menerjang ke wilayah peperangan dan menghabisi langsung musuh mereka.

Terlihat bahwa film lebih ini mengutamakan unsur drama untuk dieksplorlebih dalam. Menarik untuk melihat kegalauan dari seorang kapten militer yang biasanya terkesan selalu kuat dalam segala kondisi. Menarik pula melihat betapa beratnya hati keluarga yang ditinggalkan saat para pasukan berangkat ke medan perang.

Meskipun begitu, unsur action dalam film ini juga cukup mendapatkan porsi. Ketegangan demi ketegangan bisa dirasakan saat beberapa serangan udara meleset, atau saat musuh yang dikira menyerahkan diri justru meledakkan bom bunuh diri.

Gimana, kalian tertarik untuk menonton 12 Strong?

 

Reporter: Johari Saputra