Brilio.net - Walt Disney merupakan salah satu rumah produksi yang menghasilkan karya animasi populer. Bermula dari pembuatan animasi Mickey Mouse, Disney berhasil memberikan tontonan yang ditujukan untuk anak-anak. Disney pun terus menghasilkan karya animasi hingga saat ini.

Ada beberapa hal yang membuat animasi Disney memiliki basis penggemar yang besar. Selain menghadirkan karakter yang beragam, animasi Disney juga mengangkat kisah-kisah yang menarik. Beberapa di antara kisah dalam animasi Disney juga diadaptasi dari dongeng klasik. Ada dongeng yang berasal dari Amerika, Eropa, hingga Asia.

Karena itulah, muncul karakter para Princess Disney yang ikonik dan berasal dari berbagai negara. Bahkan ada pula yang sudah dibuat versi live action lho.

Tak selalu sama dengan dongeng aslinya, kisah dalam versi animasi Disney sudah di-remake dan disesuaikan dengan target penontonnya. Sehingga kisah dongeng pun memiliki akhir yang bahagia.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin(3/2), berikut 10 animasi Disney adaptasi dongeng klasik.

1. Snow White and the Seven Dwarfs.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Snow White menjadi animasi pertama yang diadaptasi dari dongeng klasik. Dongeng ini berasal dari Jerman dan ditulis Grimm bersaudara. Rilis pada 1973, animasi ini mengisahkan tentang putri bernama Snow White.

Ia memiliki paras yang cantik dengan kulit yang putih bersih seperti salju. Karena kecantikannya, sang Ratu yang juga merupakan ibu tiri Snow White pun sangat marah.

Ratu kemudian mengurus seseorang untuk membunuh dan mengambil jantung Snow White. Karena tak tega, pembunuh utusan Ratu pun membiarkan Snow White kabur hingga bertemu dengan tujuh kurcaci. Mereka tinggal bersama dan saling mengandalkan.

Mengetahui Snow White yang masih hidup, Ratu pun berusaha untuk kembali membunuhnya. Ia menyamar menjadi nenek-nenek dan memberikan apel beracun pada Snow White. Meski demikian, akhir dalam kisah Snow White berakhir bahagia. Seorang pangeran yang menciumnya berhasil membuat Snow White kembali hidup.

2. Cinderella.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Pada 1950, Disney memproduksi animasi Cinderella yang diadaptasi dari dongeng populer Eropa yakni Cendrillion. Kisah dalam dongeng klasik ini ditulis sastrawan Prancis, Charles Perraults.

Nah, karakter Cinderella dalam animasi digambarkan sebagai seorang anak perempuan yang hidup menderita setelah kehilangan ayah dan ibunya. Ia sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari sang ibu tiri dan kedua saudara tirinya.

Namun keajaiban pun terjadi, seorang ibu peri membantu Cinderella untuk datang ke pesta dansa. Ia mendandani Cinderella dengan gaun cantik, kereta kuda, dan sepasang sepatu kaca.

Karena panik dengan sihir ibu peri yang segera menghilang, Cinderella pun tergesa-gesa pulang setelah berdansa dengan pangeran. Pada akhirnya, pengeran berhasil mengetahui keberadaan Cinderella berkat sepatu kaca yang tertinggal.

3. The Little Mermaid.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Kisah putri duyung bernama Ariel pada animasi The Little Mermaid juga diadaptasi dari dongeng klasik. Kisah dalam dongeng tersebut berasal dari Denmark karya Hans Christian Adersen.

Nah, dalam versi animasinya, Ariel digambarkan sebagai sosok putri duyung yang memiliki rasa ingin tahu terhadap dunia manusia. Pada saat terjadi badai, Ariel menyelamatkan seorang pengeran dan jatuh cinta padanya. Ia pun memutuskan untuk menukar suaranya demi bisa mendapatkan sepasang kaki dan pergi ke daratan.

4. Beauty and the Beast.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada animasi Beauty and the Beast yang didaptasi dari dongeng Prancis karya Jeanne Marie Leprince de Beaumont. Animasi ini berpusat pada tokoh bernama Belle, seorang putri yang sangat berbakti kepada ayahnya.

Ia berani melindungi sang ayah dengan datang ke kastil menyeramkan yang konon ditinggali monster. Namun siapa sangka, monster tersebut sebenarnya merupakan pangeran yang terkena kutukan. Untuk mematahkan kutukan tersebut, sang pangeran harus menemukan cinta sejatinya.

5. Aladdin.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Film animasi Aladdin merupakan dongeng asal Timur Tengah yang berasal dari buku Kisah 1001 Malam, Aladdin. Seperti judulnya, animasi ini berpusat pada tokoh Aladdin, pemuda sederhana yang mendapatkan lampu ajaib.

Siapapun yang menggosok lampu tersebut, akan berjumpa dengan Jin yang mengabulkan tiga permintaan. Aladdin juga jatuh cinta pada seorang putri bernama Yasmin.

6. Pochahontas.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada dongeng Pochahontas yang mencampurkan kisah dongeng dan sejarah invasi bangsa Eropa ke Amerika. Nah, dalam versi animasinya, Pochahontas adalah seorang gadis Amerika Indian yang jatuh cinta pada kapten kapal Inggris bernama John Smith. Karena perbedaan suku dan konflik yang menyertainya, cinta Pochahontas pun mendapat banyak tantangan.

7. Sleeping Beauty.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Animasi Sleeping Beauty merupakan kisah yang diadaptasi dari dua dongeng populer, yakni The Sleeping Beauty karya Charles Perraults dan Little Briar Rose karya Grimm Bersaudara.

Seperti judulnya, animasi ini mengisahkan tentang seorang putri yang terkena sihir dan tertidur. Sepanjang cerita, animasi ini memperlihatkan bagaimana perjuangan seorang pangeran pemberani yang berusaha membebaskan sang putri dari sihir yang kuat.

8. Mulan.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Animasi Mulan diadaptasi dari dongeng China dan tambahan mitologi terkenal. Berpusat pada tokoh bernama Mulan, ia adalah anak perempuan yang menyamar sebagai laki-laki agar masuk sebagai pasukan militer.

Ia terus berlatih dan ikut berperang untuk melindungi negerinya tanpa rasa takut. Animasi Mulan juga dibuat live action yang tayang pada awal tahun 2020 lalu lho.

9. Tangled.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Animasi Tangled merupakan film adaptasi dongeng Rapunzel karya Grimm bersaudara. Nah film animasi ini mengisahkan tentang seorang gadis berambut panjang bernama Rapunzel yang hidup dalam menara.

Setiap ia berulang tahun, muncul lentera yang indah di langit. Ternyata, Rapunzel adalah putri raja yang dahulu hilang diculik.

10. Frozen.

animasi adaptasi dongeng istimewa

foto: imdb.com

Film animasi Frozen ternyata merupakan adaptasi dari dongeng The Snow Queen karya Hans Christian Adersen lho. Meski memiliki jalan cerita yang berbeda, namun film animasi Frozen berhasil meraih kesuksesan, hingga dibuat sekuel yakni Frozen 2.

Nah, dalam versi animasinya, tokoh utama dalam kisah ini adalah Elsa dan Anna. Elsa merupakan seorang putri yang bisa membuat semua yanng disentuhnya menjadi es.

Karena dianggap sebagai penyihir, Elsa pun melarikan diri hingga pegunungan es. Anna pun mencoba membawa pulang kembali kakaknya.

Reporter: Deta Jauda Najmah

(brl/pep)