Brilio.net - Drama Korea menjadi salah satu hiburan yang paling digandrungi oleh banyak kalangan. Terutama masyarakat Indonesia. Sehingga tak jarang membuat beberapa stasiun televisi berbondong-bondong menayangkan drama Korea. Pasalnya ada banyak drama Korea memiliki cerita seru dan berbeda dengan lainnya.

Tak hanya itu, banyak drama yang diperankan aktor tampan dan aktris cantik top Korea Selatan. Ada banyak genre yang diusung oleh dunia hiburan Korea Selatan. Salah satu yang sering muncul adalah genre saeguk. Genre ini merupakan drama Korea kolosal yang menceritakan kehidupan pemerintahan Korea Selatan pada zaman dahulu.

Meskipun sebuah drama terkesan sebagai cerita fiksi, namun bisa dikatakan sebenarnya banyak dari kisah kolosal diambil dari fakta sejarah. Beberapa di antaranya benar-benar terinspirasi oleh peristiwa nyata dan orang-orang nyata. Pasalnya sejarah sering kali bisa dijadikan sebagai pondasi cerita sebuah drama yang hebat. Terutama ditambah kisah-kisah dramatis dan romantis fiksi di dalamnya.

Penasaran drama Korea kolosal apa saja yang diambil dari kisah nyata? Berikut deretan drama Korea kolosal yang mengangkat cerita dari kisah nyata, seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/4).

1. The Merchant: Gaekju 2015.

Loading...

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Drama ini mengisahkan mengenai akhir 1800-an Joseon, seorang pria miskin bernama Cheon Bong-sam jujur dan ahli berdagang. Para pedangang hidup di antara intrik kerajaan Korea Selatan pada waktu dulu. Para pedagang merasa kalau mereka sedang dijajah dan dan ditindas oleh birokrasi kerajaan.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Drama ini mengambil kisah pada masa Goryeo, Korea Selatan. Bercerita mengenai pangeran keempat putra dari Raja Taeojo. Pangeran keempat bernama Wang So dan diperankan oleh Lee Joon-gi. Pangeran keempat yang akhirnya akan menjadi penerus kerajaan Goryeo, pengeran keempat diberi gelar Raja Gwangjong.

3. Queen For Seven Days.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: soompi

Drama ini sebenarnya berdasarkan kisah Ratu Dangyeong (Park Min-young) dari periode Joseon yang berkuasa pada 1506 bersama Raja Jungjong (Yeon Woo-jin). Setelah hanya tujuh hari sebagai ratu, dia tiba-tiba dipindahkan dari posisinya dan diusir dari istana. Sementara gelar Ratunya dikembalikan setelah kematiannya. Cerita ini masih tetap terkenal di kalangan masyarakat Korea Selatan karena dia memiliki masa pemerintahan yang singkat sebagai ratu.

4. Hwarang.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: soompi

Drama ini dibintangi Park Seo-joon, Go Ara, dan Park Hyung-sik mungkin tidak didasarkan pada cerita tertentu, Akan tetapi Hwarang sebenarnya memang ada sebagai anggota masyarakat yang penting selama periode Silla. Seperti yang ditekankan oleh drama, Hwarang terdiri dari para pemuda elit. Tujuan pemuda Hwarang untuk mempersiapkan mereka menjadi politisi dan administrator yang berpendidikan tinggi.

5. Empress Ki.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Meskipun hubungan cinta dalam drama ini hanya fiksi, namun karakter dalam drama ini didasarkan pada orang-orang yang sebenarnya. Permaisuri Ki (Ha Ji-won) memang ada, dan kisahnya cukup terkenal di Korea Selatan. Ki lahir di Korea selama dinasti Goryeo, tetapi kemudian dikirim ke Mongol Yuan sebagai selir untuk kaisar Ta Hwan yang diperankan oleh Ji Chang-wook.

6. Six Flying Dragons.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: soompi

Drama ini menampilkan kisah enam orang yang berbeda di akhir dinasti Goryeo pada akhir 1300-an. Dari enam naga, Lee Bang-won (Yoo Ah-in), Jeong Do-jeon (Kim Myung-min), dan Lee Seong-gye (Chun Ho-jin) adalah orang-orang nyata yang ada selama periode waktu itu. Lee Bang-won adalah karakter utama yang kemudian menjadi raja ketiga Joseon setelah membantu ayahnya, Raja Taejo, membangun Dinasti Joseon.

7. Faith.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Drama Korea ini diperankan oleh Lee Min-ho dan Kim Hee-seon. Lee Min-ho berperan sebagai Choi Young, seorang jenderal besar Goryeo. Choi Young berhasil menumpas berbagai serangan dari para perompak Jepang. Kemudian ia diberi gelar pahlawan negara. Namun kisah Choi Young berakhir tragis karena dikhianati oleh tangan kanannya sendiri.

8. Great Queen Seondeok.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Drama Korea ini diperankan oleh Lee Yo-won, Go Hyun-jung, Park Ye-jin, Uhm Tae-woong, dan masih banyak lagi lainnya. Drama Korea ini mengambil kisah nyata karena Ratu Seondeok, penguasa ke-27 Dinasti Silla. Ratu Seondeok adalah pemimpin wanita pertama, nama aslinya adalah Putri Deokman.

9. The Royal Gambler.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Drama Korea ini mengisahkan mengenai Raja Yeongjo yang pada waktu dulu sebagai pimpinan besar Dinasti Joseon. Yeongjo adalah anak dari Raja Sukjong dan selir Choe yang berasal dari rakyat jelata. Yeongjo memiliki ketampanan dan jenius yang menguasai aliran konfusianisme pada waktu dulu, bahkan kepintarannya melebihi para cendekiawan di negaranya.

10. Dong Yi.

drama Korea kolosal nyata asianwiki

foto: asianwiki

Drama Korea ini mengangkat karakter asli bernama Choi Suk-bin yang diperankan oleh Han Hyo-joo. Namun tidak banyak fakta sejarah yang muncul mengenai karakter ini. Choi Suk-bin hanya disebutkan sebagai anak yangg terlahir dari keluarga kasta cheonmin, yaitu kasta sosial terendah pada dinasti Joseon kala itu. Ada juga cerita rakyat yang menyebutkan kalau Choi Suk-bin adalah seorang budak yang bekerja di istana.