Brilio.net - Setelan jas atau tuksedo kamau pasti sudah pernah tahu bukan? Di antara kamu pasti sudah pernah ada yang memakainya. Untuk acara wisuda misalnya atau acara pernikahan. Tapi tahukah kamu, apa yang kamu pakai saat itu? Apakah setelan jas atau tuksedo? Karena, orang awam biasanya menyebutnya sama yaitu jas saja.

Biar nggak salah kostum ke acara, ada baiknya cowok wajib tahu apa itu beda antara tuksedo dan jas seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (16/5) berikut ini:


1. Tuksedo digunakan untuk acara yang lebih resmi dibanding jas

beda jas © 2016 brilio.net foto: brilio

 

Suit atau setelan jas adalah pakaian resmi berlengan panjang yang digunakan di sebagai luaran kemeja. Disebut setelan jas karena biasanya dipakai sepaket dengan celana berbahan dan berwarna sama. Jas juga dipakai saat menghadiri acara resmi atau acara kenegaraan.


Sementara tuxedo digunakan untuk acara-acara yang lebih resmi lagi seperti gala dinner, pesta, atau momen pernikahan. Bahkan saking resminya, dulu di Inggris memakai Tuksedo saja diatur waktunya harus di atas jam 17:00. Jika sebelum jam tersebut menggunakan tuksedo maka dianggap tidak pantas.


2. Detail tuksedo

beda jas © 2016 brilio.net foto: apracticalwedding

Kenapa tuksedo digunakan sebagai pakaian yang lebih formal dari jas? Salah satunya adalah karena detail tuksedo yang lebih komplek dibanding jas. Pada umumnya, kerah tuxedo berbentuk shawl (melengkung), berbeda dengan notched-lapel yaitu kerah umum di jas. Kerah tuxedo juga terbuat dari satin yang mengkilap.


3. Aksesori tambahan

beda jas © 2016 brilio.net foto: Pinterest

Menggunakan tuksedo wajib hukumnya menggunakan dasi kupu-kupu sebagai pelengkap. Namun, saat menggunakan jas, dasi adalah pilihan yang boleh kamu pakai atau tidak. Selain dasi kupu-kupu, vest atau cummerbund juga merupakan akseori yang paling sering dipadukan dengan tuksedo.

 


4. Biasanya tuksedo lebih mahal

beda jas 4 © 2016 brilio.net foto: Pinterest

Karena digunakan untuk acara yang sangat spesial dan berkelas, maka bahan untuk membuat tuxedo pun beda dengan jas. Tuksedo biasanya dirancang menggunakan bahan kualitas tinggi. Otomatis harganya pun jadi lebih tinggi dibanding jas.