Saat tiba pada hari penukaran, ternyata masih perlu banyak persiapan. Rani tidak mengetahui jika untuk menukarkan uang rusak, perlu menempel uang tersebut di kertas minyak.

"Tibalah hari-H penukaran. Dan ternyata harus ditempel dulu di kertas minyak lalu digunting baru bisa ditukar sesuai syarat," katanya.

Alhasil, sia-sia waktu menunggu dua bulan. Ia harus mengulangi antreannya dari awal.

penukaran uang rusak rayap © TikTok/@raniynsh

foto: TikTok/@raniynsh

"Sedihnya ketentuan tempel gunting ini gak diinfokan dari awal. Alhasil harus antri dari awal lagi," ujarnya.

Di unggahan video lainnya, Rani menunjukkan proses penempelan uang di kertas minyak. Lalu mengguntingnya sesuai dengan ukuran utuhnya. Ia pun memberikan pemaparan syarat-syarat penukaran uang kertas di video tersebut.

"Uangnya ditempel di kertas minyak, lalu digunting sesuai bentuk utuhnya. Syaratnya uang yang bisa ditukar: 1. Masih terlihat nomor serinya, 2. Ukuran masih utuh 2/3, dan lain-lain sesuai aturan BI," paparnya lebih lanjut.

penukaran uang rusak rayap © TikTok/@raniynsh

foto: TikTok/@raniynsh

Rani mengaku tidak mengetahui harus menempelkan uang pada kertas minyak. Ia menjelaskan, tidak ada persyaratan tersebut berdasarkan keterangan dari BI yang ia baca.

Unggahan itu menuai atensi warganet dan telah ditonton sekitar 7,4 juta kali di TikTok. Warganet pun banyak yang memberikan tanggapan mengenai proses penukaran itu.

Bahkan, beberapa warganet ada yang mengaku tidak perlu menempelkan uang rusak ke kertas minyak. Ada juga yang secara tak langsung mengeluhkan prosesnya yang berbelit-belit.

"lho kemarin bulan maret aku habis tukar uang gitu jg dimakan rayap tp ga ada syarat ditempel di kertas minyak kok," kata akun @winikekey.

"nuker uang rusak udah kaya proses bangun gedung, sampe berbulan2," ujar akun @tg.uh.

"memang kadang nyesek ya mba klo kita minim info dan tau di saat setelah menunggu lama.. sabar mbakkk," kata akun @bangrunz.

"tempo hari aku nuker uang di bank, udah tak tempel ke kertas minyak, malah di suruh copot semua di gnti pake lakban bening...," ucap akun @kupret132.

"nunggu antrian 2 bulan... dan disuruh nunggu lagi," kata akun @niaribrahim5.

@raniderry #fyp #uangrusak #uang Kecewa - Bunga Citra Lestari