Brilio.net - Ribuan rumah warga di Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, diterjang banjir bandang, Rabu (21/12).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB H Muhammad Rum di Mataram mengatakan banjir bandang yang melanda Kota Bima itu terjadi sejak pukul 14.00 WITA.

"Jadi, hampir seluruh Kota Bima dikepung banjir," katanya.

Menurut dia, akibat banjir bandang tersebut, ribuan rumah terendam. Sehingga, warga yang terkena dampak saat ini sedang menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang lebih aman.

"Kita masih mendata jumlah pasti rumah yang terendam. Tetapi, kita perkirakan jumlahnya ribuan," ujarnya, dikutip Antara.

Loading...

Hari ini, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengirim sejumlah bantuan ke Kota Bima untuk membantu para korban yang terkena banjir bandang di daerah itu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB Yusron Hadi di Mataram, Kamis (22/12) mengatakan saat ini bantuan yang dikirimkan pemerintah provinsi itu masih dalam perjalanan menuju kota Bima, mulai dari obat-obatan, sandang, dan pangan.

"Distribusi bantuan baik pangan dan sandang masih dilakukan untuk membantu korban banjir," kata Yusron Hadi yang saat bersama Gubernur NTB sedang menempuh perjalanan menuju Kota Bima.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir bandang di Kota Bima, Kab Bima dan Sumbawa. Banjir dipicu hujan ekstrem pengaruh siklon Yvette.

Sutopo juga merilis video dahsyatnya banjir bandang tersebut: