Brilio.net - Pekerja konstruksi bangunan tinggi punya resiko yang sangat besar. Mereka yang diharuskan 'memanjat' gedung tinggi menyusun rangka sementara atau scaffolding bisa terjatuh kapan saja.

Meski sudah dilengkapi dengan alat pengaman, orang yang melihat para tukang bangunan yang sedang bekerja saja sudah bikin dengkul lemas. Apalagi kamu yang mengalaminya sendiri, nggak kepikiran deh.

Baru-baru ini viral sebuah rekaman yang menunjukkan beberapa pekerja yang sedang menyusun scaffolding di gedung tinggi. Tapi mengerikannya adalah mereka melakukan pekerjaannya di ketinggian tanpa menggunakan alat pengaman sama sekali.

Loading...

Satu-satunya alat pengaman yang mereka pakai adalah helm kuning khas pekerja kontraktor. Pada video yang viral di media sosial ini terlihat pekerja laki-laki dengan santai menyusun rangkaian scaffolding. Bahkan tukang bangunan ini hanya berpijak di kumpulan besi-besi panjang berukuran kecil.

"kekaguman gue bukan dari seberapa banyak duit yang lo hasilin dalam sebulan dari balik meja dan ruang kerja nyaman. tapi dari seberapa "menarik" kerjaanmu

-,-" btw, jangan ditiru, samasekali jangan ditiru," tulis akun @altefalken yang mengunggah video tersebut.

Aksi para pekerja nekat ini membuat kagum sekaligus ngeri juga. Mereka yang bekerja, yang melihat juga jadi ikutan gemeteran. Ngeri banget! Video ini viral setelah diunggah oleh akun Twitter @altefalken. Postingannya sudah diretweet sebanyak lebih dari 1800 kali, sementara videonya sudah ditonton sebanyak 81 ribu kali.

"maaf, ini perusahaannya bisa ditegur karna walaupun tidak ada body harness tapi perusahaan tidak menyediakan:

1. scaffolding stagger (tapak di scaffold)

2. safety railing di sepanjang tepi scaffold

3. atau toe board

4. atau safety net

di hierarki safety, PPE itu terakhir," jelas akun @Auliaar__.

"Mereka yang kerja dengkul gue yang gemeter," ujar akun @ipanketapang.

"peter parker kalo ketemu dia cium tangan," tulis akun @farid_fadli.

"Ironis. Mereka lagi buat scaffolding, yang mana fungsi nya untuk 'kerja aman pada ketinggian'. Mereka sendiri sebodo amat sama 'Aman' nya. Safety Harness emg ribet, tapi menghindari kejadian fatal," tambah akun @imadarch.