Brilio.net - Bila kamu merasa jumlah teman di Facebook berkurang setelah pemilihan umum, bisa jadi mereka memiliki pandangan politik yang berbeda. Tetapi, riset dari perusahaan perjalanan Sunshine menunjukkan alasan utama pengguna menghapus pertemanan di media sosial bukan hanya soal pandangan politik.

Berdasarkan survei mereka terhadap 2.000 orang Inggris mengapa menghapus teman di Facebook pada 2017 ini, 28 persen mengatakan karena pandangan politik yang berbeda. Alasan lainnya, karena mereka bertengkar dengan teman (24 persen), menjauh (16 persen) dan mantan pacar (5 persen). Sementara 10 persen orang menghapus pertemanan karena mereka menyadari tidak begitu mengenal orang itu di dunia nyata dikutip Independent, Senin (22/5).

Namun, beberapa tahun belakangan, Facebook menyediakan alat untuk menyembunyikan unggahan teman sehingga kamu tidak perlu menghapus pertemanan agar tidak melihat unggahannya. Menurut survei itu tercatat foto liburan rupanya menjadi salah satu alasan menyembunyikan unggahan teman, dengan alasan iri.

"21 persen orang menyembunyikan unggahan dan foto teman yang memamerkan liburan," tulis survei itu.

Ketika ditanya alasan, 88 persen menyatakan karena membangunkan monster iri pada dirinya. Selain liburan, alasan teman menyembunyikan unggahan kamu adalah karena nyinyir (19 persen) dan terlalu banyak informasi pribadi (10 persen). Sementara 15 persen orang menyembunyikan unggahan temannya yang terlalu banyak mengunggah foto selfie.

Loading...