Brilio.net - Muncul hasrat ingin buang air besar saat waktu yang tidak tepat memang merepotkan. Apalagi kalau kamu sedang berada di alam terbuka yang tidak ada WC. Wah, pasti bingung dan bakal repot banget untuk BAB. Kalau masih memungkinkan untuk ditahan, pasti banyak orang yang memilih untuk menahannya.

Namun ternyata menahan buang air besar itu sangat berbahaya, lho. Apalagi menahannya dengan waktu yang lama. Belum lama ini, seorang pria 57 tahun dilarikan ke gawat darurat karena kesulitan berjalan.

Setelah diperiksa, dokter tak bisa menemukan aliran darah yang menuju ke kaki pria tersebut. Alhasil kondisi kaki kanan dari pria yang tak disebutkan namanya ini bengkak parah akibat kurangnya aliran darah.

Pasien ini telah mengalami nyeri kaki selama tiga hari. Ia juga merasakan mual dan sakit perut. Usut punya usut, bengkaknya kaki yang membuatnya hampir lumpuh ini disebabkan ada dua liter feses yang menumpuk di dalam perutnya. Ya, pria ini ternyata telah menahan buang air besar selama empat minggu lamanya. Duh!

tahan bab 4 minggu © thesun.co.uk

foto: thesun.co.uk

Dilansir brilio.net dari laman thesun.co.uk, tumpukan feses tersebut menekan daerah perut. Akibatnya, aliran darah ke kaki juga ikutan tersumbat. Tak hanya itu, menurut dokter Simon Ho dari Rumah Sakit Footscray, Australia ini mengatakan bahwa tekanan tersebut juga bisa berpotensi menyebabkan kegagalan organ hingga kematian.

Bahkan dokter memasukkan kasus pasien ini ke kategori yang memerlukan pengobatan cepat. Kalau telat sedikit, mungkin pria 57 tahun itu bisa lumpuh dan juga meninggal dunia.

tahan bab 4 minggu © thesun.co.uk


foto: thesun.co.uk

Setelah dilakukan pembedahan dengan mengeluarkan dua liter kotoran dari isi perutnya, pasien ini mulai menunjukkan kondisi membaik. Setelah 13 hari perawatan intensif, pria ini mulai bisa jalan kembali.