Brilio.net - Potret dunia pendidikan yang kurang mengenakkan ternyata bukan hanya terjadi di beberapa daerah Indonesia. Beberapa waktu belakangan beredar foto di media sosial, bocah laki-laki menghapus tulisan di bukunya menggunakan potongan sandal.

Dilansir brilio.net dari NEWS FEED Filipina, Senin (4/7), bocah itu bernama Harold Labutong yang merupakan siswa kelas 2 SD di Engracio M. Castaneda Central Elementary School, Brgy. San Roque, La Paz, Provinsi Tarlac, Filipina. Nah, berikut foto mengharukan tersebut dikutip brilio.net dari akun Facebook Thinking Pinoy.

Harold Labutong © 2016 brilio.net

foto: Rosalie Dela Cruz

Walaupun konstitusi Filipina mengatakan pendidikan adalah hak untuk setiap anak, tetap saja fakta di lapangan bertolak belakang. Orangtua siswa kebanyakan tak mampu membelikan peralatan sekolah meski biaya sekolah milik pemerintah sudah digratiskan. Kondisi memprihatinkan itu tampaknya yang menimpa Harold.

Foto tersebut langsung banjir komentar dari netizen. Mereka memberikan dukungan dan berharap Presiden Filipina, Rody Duterte memberikan perhatian di bidang pendidikan.