Brilio.net - Diakui atau tidak, perempuan yang pulang malam kerap kali mendapatkan stigma yang buruk dalam kultur di Indonesia. Biasanya perempuan-perempuan tersebut dianggap atau dicap sebagai pribadi yang tidak baik. Hal itu pun turut dirasakan oleh pemilik akun TikTok @jiahnp_.

Lantaran kerap bepergian pada malam hari, tak sedikit masyarakat di sekitarnya yang menganggapnya sebagai anak tak baik.

"Dikira tetangga anak nakal, keluar malam pulang malam," tulis Jiah, seperti yang dikutip brilio.net pada Kamis (17/9).

jiahnp_ TikTok

foto: TikTok/@jiahnp_

Loading...

Padahal, seringnya ia pergi di malam hari bukanlah untuk kelayapan dan bermain bersama dengan teman-temannya. Dalam pengakuan Jiah, hal itu harus dilakukannya karena ia harus membantu perekonomian keluarga.

Usut punya usut, ibu Jiah adalah pedagang sayur dan kue. Setiap hari, tak peduli siang ataupun malam, Jiah pun membantu sang ibu dengan cara menenteng keranjang berisi kue dan berkeliling menawarkan kue-kuenya kepada semua orang.

"Mamaku dikatain ibu gagal didik anak," lanjutnya.

Kendati demikian, Jiah mengatakan bahwa ia tak peduli dengan pandangan miring tersebut. Baginya, yang terpenting adalah kebutuhan keluarganya dapat terpenuhi dengan cara yang halal.

jiahnp_ TikTok

foto: TikTok/@jiahnp_

"Tapi kenyataannya aku yang jalanin dan sampai waktunya akan aku buktiin mamaku ibu yang hebat. Meski hanya sendiri tapi dia mampu menjadi ibu sekaligus ayah untuk anaknya hingga anak-anaknya sukses," tulis dia.

Lebih jauh, dirinya juga tak memedulikan opini orang yang mengatakan jika apa yang ia lakukan hanyalah demi konten media sosial.

"Banyak dong yang ngira aku jualan kue dan sayur settingan," tulis dia.

@jiahnp_

Insyaallah bentar lagi ya mah ##fyp ##fy ##fyp ##berandatiktok ##gengjawara

DJ Shaun The Sheep - Cerdikiawan

Kisah inspiratif Jiah ini pun lantas menjadi viral. Hingga saat ini, unggahannya telah mendapat lebih dari 63 ribu likes. Lalu, pada kolom komentar, tak sedikit warganet yang salut dan menyemangati dirinya.

"Saaluuut kak, ni Vidio gw simpan buat nunjukin ke temen temen gw yg malas kerja," tulis Faisal Akbar Daulay.

"Semngat....aku juga aku juga jualan sayur. kluar tengah malam pulang dini hari...pulang keliling jam 12 siang," sambung Herru Kurniawan.

"Tetap semangat yah anggap perkataan orang" sebagai motifasi untuk mu dan semoga kamu selalu sehat sehat saja," tulis Ilham.

"Kesuksesanmu buah dari cacian mereka , tetap semangat , buktikan kepada mereka," sambung Saroni.