Fenomena muncul pulau baru di Tanimbar besar kemungkinan karena permukaan laut dangkal. Sehingga saat gempa menyentak, laut dangkal ini menyembul ke atas permukaan laut menjadi pulau baru.

Pulau baru muncul usai gempa Maluku © berbagai sumber

foto: TikTok/@donnyajadeh

"Untuk mengkonfirmasi prosesnya seperti apa sebelum kejadian gempa, kemungkinan masyarakat sudah mengamati apakah laut dangkal relatif dekat dengan permukaan air sehingga dengan sekali hentakan kejadian gempa, maka kemudian seolah-olah muncul menjadi pulau baru," jelasnya.

Eko mengungkapkan, pada prinsipnya seluruh kepulauan di Indonesia sebagian besar terbentuk karena proses tektonik dan vulkanik. Akibatnya semua yang berada di bawah laut muncul ke permukaan laut pada suatu masa.

Pulau baru muncul usai gempa Maluku © berbagai sumber

foto: TikTok/@donnyajadeh

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung api paling banyak di dunia. Proses pembentukan gunung menjadi salah satu faktor yang menyebabkan munculnya daratan keluar dari laut.

Pulau baru muncul usai gempa Maluku © berbagai sumber

foto: TikTok/@radit00000_11

Lalu faktor kedua yang disebut tektonik, yaitu pengangkatan daratan secara perlahan-lahan, juga secara cepat mengikuti siklus gempa bumi.

"Saat energi terkumpul melampaui plastisitas (kemampuan tanah berubah bentuk tanpa perubahan volume atau pecah) kerak bumi, kerak patah dan terangkat menjadi pulau baru," imbuh Eko.

@donnyajadeh Muncul Pulau Baru di perairan Maluku setelah gempa 7.5 10/01/2023 #island #pulaubaru #gempamaluku #viral #berandafyp #fyp Instrumen Piano Sedih - kucing tetangga