Brilio.net - Di mata masyarakat, menjadi seorang polisi adalah pekerjaan yang mulia. Setiap tahun, banyak orang yang hanya bisa bermimpi menjadi seorang polisi. Hanya orang terpilih saja yang bisa menjadi seorang polisi. Ujian yang berat dan pelatihan yang keras sering jadi halangan utama seseorang untuk menjadi seorang polisi.

Sayangnya, banyak orang yang terlalu ngebet untuk menjadi seorang polisi. Alhasil, banyak polisi-polisi gadungan yang meresahkan masyarakat. Mereka bisa memeras masyarakat dan menyalahgunakan jabatan. Biasanya aksi mereka akan terungkap dalam waktu yang relatif singkat.

Tapi pria di China ini memang berbeda dari yang lain. Dilansir brilio.net dari odditycentral, Senin (31/12) Wang Feng ditangkap pihak berwajib setelah menjadi seorang polisi gadungan selama 12 tahun. Aksinya ini dilakukan dengan rapi dan teliti sehingga keluarganya sendiri pun tak tahu kelakuannya.

Ceritanya dimulai ketika tahun 2006. Saudara Wang Feng terlibat oleh permasalahan utang dan membutuhkan seorang pengacara. Agar kasusnya bisa berjalan lancar, Wang menjadi seorang polisi di kantor polisi Haiyan Baibu di Provinsi Zhejiang. Aksinya ini ternyata berjalan dengan apik. Mulai dari sini, Wang Feng mulai mengganti identitasnya sebagai seorang polisi.

polisi gadungan 12 tahun © 2018 brilio.net

foto: Odditycentral.com

Agar makin percaya diri, Wang Feng membeli baju polisi palsu, kartu identitas, dan borgol. Sehari-hari, Wang Feng juga melakukan aktivitas bak seorang polisi. Teman-temannya juga akhirnya mengira bahwa Wang Feng adalah seorang polisi sejati.

Jabatannya sebagai seorang polisi gadungan juga dia gunakan untuk menikahi Xiao Lu. Wanita ini tergoda karena mendapat cerita kegagahan Wang Feng dari temannya. Xiao Lu juga terpesona karena jabatan Wang Feng yang mengaku sebagai seorang polisi dengan pangkat deputi.

polisi gadungan 12 tahun © 2018 brilio.net

foto: odditycentral.com

Keluarga Xiao Lu sebenarnya juga sudah curiga dengan perangai Wang Feng. Bahkan, keluarganya sampai mempertanyakan kenapa nama dirinya tidak ada di rekor akademi kepolisian. Wang Feng sendiri bisa lolos dengan segala tipu muslihatnya. Pernikahannya sendiri juga sangat janggal karena tidak ada teman atau keluarga Wang Feng dari kepolisian yang datang.

Setelah menikah, Wang Feng jarang di rumah. Dia membohongi istrinya dengan alasan ditugaskan dalam misi rahasia. Sebenarnya, Wang Feng sendiri ternyata menjalankan bisnis printing yang bangkrut. Dia menggunakan nama dan pekerjaannya untuk meminjam lebih dari USD 290.000 atau Rp 4,2 miliar.

polisi gadungan 12 tahun © 2018 brilio.net

foto: odditycentral.com

Akhirnya kelakuan Wang Feng terungkap setelah kreditur meminta Wang Feng untuk mengembalikan uangnya. Akhir September 2018 pihak berwajib menyelidiki kasus ini. Setelah beberapa lama akhirnya terungkap juga identitas Wang Feng yang sebenarnya. Saat ditanya kenapa bisa sampai 12 tahun, Wang Feng hanya menjawab bahwa dia menikmati reputasi dan kebanggan menjadi seorang polisi.