Brilio.net - Kasus hilangnya pria bernama Yana Supriatna di Cadas Pangeran, Sumedang, secara misterius sempat menjadi sorotan publik. Rekaman voice note yang dikirimkan Yana kepada sang istri juga tersebar di media sosial. Berbagai spekulasi bermunculan, ada yang khawatir bahwa Yana bertemu dengan orang jahat, bahkan ada yang sampai mengaitkan kasus tersebut dengan hal-hal mistis. Aparat kepolisian serta tim SAR pun ikut turun tangan mencari keberadaan Yana.

Namun ternyata, Yana ditemukan dalam kondisi sehat dan berada di Majalengka. Akhir pencarian Yana ini pun ramai jadi perbincangan dan trending di Twitter. Yang dinilai warganet lebih 'membagongkan' adalah hilangnya Yana diduga hanya modus yang akhirnya membuat kehebohan dan terkait dengan masalah keluarga serta utang.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun ikut memberikan respons dalam kejadian ini. Melalui Instagram miliknya, Ridwan Kamil menyebut Yana telah melakukan prank yang merepotkan banyak orang.

Ridwan Kamil komentari kasus Yana © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@ridwankamil

"Yana seorang warga Sumedang yang bikin heboh karena diduga hilang di jurang Cadas Pangeran Sumedang. Yang tertinggal hanyalah motornya di tepi jurang. Setelah 2 hari puluhan tim SAR mencari di lokasi, ternyata si Kang Yana ditemukan baik-baik saja di Majalengka.

Alasan Ngeprank: Ada masalah keluarga," papar Ridwan Kamil, dikutip brilio.net dari Instagram @ridwankamil pada Jumat (19/11).

Ridwan Kamil pun seperti menyindir kasus Yana ini dengan memaparkan pernyataan soal tipe manusia.

"1. Ada 3 tipe manusia: tipe nyusahin, tipe B aja, dan tipe manusia mulia yg selalu bawa manfaat. Yana van Cadaspangeran tipe yang pertama. 2. Jika ada orang hilang, jangan selalu dihubungkan dengan supranatural. Pasti ada penjelasan ilmiah rasional. Kasus Yana membuktikan itu. 3. Sayangi keluarga dan kurangi drama," pungkas Ridwan Kamil.

Postingan dari Ridwan Kamil ini pun dibanjiri beragam komentar. Ada yang mengungkapkan kekesalannya, namun ada pula yang menuliskan komentar kocak soal paranormal yang kala itu ikut menerka-nerka keberadaan Yana.

"Pak yana anda berhasil membuat prank," komentar akun @iinnurhayani_92.

"Padahal udah bantu do'a," sesal akun @elsafittri.

"Harga perdukunan turun drastis pak," kelakar akun @abdularifin.alvin.

(brl/tin)