Belum diketahui lokasi rumah dalam video tersebut. Hanya disebutkan kalau tempat tinggalnya berdiri di dekat sungai. Dijelaskan juga kalau nenek itu hidup sebatang kara. Dalam rumah kecil itu, tak terlihat ada sanak saudara yang menemaninya. Ia juga tampak pasrah dengan kondisi rumahnya yang terendam banjir.

Nenek ini berjuang bertahan di rumah yang kebanjiran TikTok

foto: TikTok/@yanimodeungu77

Kondisi nenek tersebut membuat prihatin warga sekitar. Rumahnya yang terendam banjir itu juga tampak sudah bolong-bolong di beberapa bagian. Hal itu lah yang membuat air mudah masuk. Atapnya juga tampak bocor, terlihat ada terpal yang dipasang pada bagian atap.

Beruntung para tetangga masih berbaik hati memberikan bantuan makanan kepada sang nenek. Para tetangga secara bergantian memberikan makanan setiap hari untuk nenek tua tersebut. Dalam video, nenek itu terlihat begitu bahagia saat menerima makanan dan uang dari pemilik akun.

Nenek ini berjuang bertahan di rumah yang kebanjiran TikTok

foto: TikTok/@yanimodeungu77

"Beruntung nenek punya tetangga baik yang selalu gantian kasih makanan," tulis keterangan dalam video.

Karena di letaknya rumahnya yang di pinggir sungai inilah, rumah yang tampak reyot itu pun kerap terendam banjir saat sungainya meluap. Belum diketahui lokasi rumah itu berada, namun banyak warganet yang prihatin sampai terenyuh dengan nasib pilu sang nenek di masa tuanya.

"Lansia sebatang kara, yang selalu kebanjiran karena rumah beliau persis pinggir sungai," tulis pemilik akun TikTok @yanimodeungu77 dalam video unggahan, seperti dirangkum brilio.net pada Rabu (22/2).

Nenek ini berjuang bertahan di rumah yang kebanjiran TikTok

foto: TikTok/@yanimodeungu77

Video yang berdurasi 19 detik itu pun langsung viral di di jagad TikTok. Banyak yang ikut terharu dengan kondisi hidup nenek tersebut. Tidak hanya kebanjiran, rumah yang ditinggali pun begitu memprihatinkan kondisinya. Dinding kayu tua yang beralas tanah menjadi bagian dari hidup seorang lansia.

"Laporkan ke pemerintah setempat. Biar dapat bantuan untuk tempat tinggal yang layak," tulis pemilik akun @leofd04

"Mendingan dikirim ke panti jompo aja. Dapat tempat tinggal yang layak dan ada teman sebaya disana. Hidup jadi nggak sebatang kara," timpal akun @triyanti.24

"Ya Allah, terus kalau si nenek tidur gimana? Wajib ada program bedah rumah sih," ujar akun @adibahfdly.

"Kasihan neneknya, sehat-sehat ya nek," kata @ochadhayang mendoakan.

"Semoga sehat selalu ya nek, Semoga dilancarkan rejekinya," kata pemilik akun @ewwwwweww7 juga mendoakan.

@yanimodeungu77

Tak Segampang Itu - Anggi Marito