Brilio.net - Kepala sekolah menjadi pemimpin yang disegani oleh warga sekolah. Sikap dan segala kebijakannya sudah seharusnya menjadi panutan bagi banyak orang. Hal itu sepertinya patut untuk digambarkan kepada sosok kepala sekolah bernama Wang Yongxin.

Dilansir brilio.net dari siakapkeli.my pada Rabu (15/9), pimpinan dari sebuah sekolah swasta itu rela mengonsumsi sisa makanan para murid demi alasan yang cukup tegas.

Menurut laporan SCMP, Wang Yongxin mendapat banyak pujian sejak beredar video yang menunjukkan dirinya mengonsumsi makanan sisa murid. Hal ini dilakukannya untuk mencegah siswa membuang makanan. Sikap ini ia tunjukkan sekaligus sebagai contoh agar tindakan membuang makanan dapat berkurang di sekolahnya.

Kepala sekolah makan makanan sisa murid © Istimewa

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: scmp.com

Tak tanggung-tanggung, Yongxin tampak berdiri di dekat tempat sampah dan melarang siswa membuang sisa makanannya. Sebagai gantinya, pria berusia 58 tahun itu mengonsumsi makanan tersebut. Diketahui, ia telah memakan makanan sisa muridnya dalam kurun 7 hari terakhir. Bahkan, Yongxin menghabiskan sisa makanan dari sekitar enam sampai tujuh muridnya selama istirahat makan siang.

"Saya ingin menjadi contoh bagi siswa, agar mereka tahu bahwa membuang-buang makanan itu salah. Tindakan saya tidak hanya mengejutkan para siswa, tetapi juga para guru," jelas Wang Yongxin.

Rupanya cara yang dilakukan Yongxin membuahkan hasil. Ia menjelaskan, pasca melihat sang kepala sekolah memakan makanan sisa, para murid pun mulai menghabiskan yang tersisa di piringnya. Hal ini pun menjadi kabar baik di sekolah itu. Bahkan para murid kini berinisiatif untuk memberi tahu petugas kantin jumlah makanan yang mereka butuhkan. Cara ini pun menjadi salah satu bentuk untuk menghindarkan dari pemborosan.

Aksi kepala sekolah makan makanan sisa  murid   © Istimewa

foto: scmp.com

"Beberapa anak menghabiskan makanannya setelah melihat saya memakan sisa makanan temannya. Sekarang, beberapa dari mereka memberitahu staf berapa banyak makanan yang mereka butuhkan, sehingga membantu menghindari pemborosan," lanjut Yongxin.

Meski begitu, aksi yang dilakukan Wang Yongxin mendapat berbagai respons dari masyarakat. Di satu sisi banyak yang memberikan pujian dengan teladan yang ia berikan. Namun ada pula yang menyoroti dari sisi kebersihan makanan yang dikonsumsinya.

(brl/lin)