Brilio.net - Sebagaimana diketahui bahwa Pasukan Pengamanan Presiden alias Paspampres merupakan pasukan militer khusus yang bertanggung jawab penuh atas keselamatan hidup Very-Very Important Person (VVIP). VVIP yang dimaksud mulai dari Presiden RI beserta keluarga, Wakil Presiden beserta keluarga hingga tamu Negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan, beserta keluarga mereka, yang berkunjung ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memang memimpin dengan gaya khasnya blusukan ke berbagai daerah dan bertemu masyarakat langsung, membuat tugas paspampres jadi tak semudah sebelumnya. Pasalnya presiden sendirilah yang menginginkan agar tidak terlalu diberi jarak saat presiden RI ke-7 ini berinteraksi dalam blusukannya.

dipukul paspampres dipukul paspampres

dipukul paspampres dipukul paspampres

foto: paspampres.mil.id


Meski memiliki standar prosedur yang tinggi dan ketat, namun kejadian tak terduga dalam pengamanan presiden rupanya memang bisa saja terjadi. Seperti kisah pemilik akun Eka Prasetya Hadi yang mengaku dipukul oleh paspampres saat menyaksikan presiden blusukan. Curhatan yang ditulisnya pada Sabtu (17/6) itu pun viral di media sosial dan sudah ribuan pengguna media sosial lainnya.

dipukul paspampres dipukul paspampres

foto: facebook.com/eka.vanzulfa  


"Aku cuma liat Bpk Presiden Jokowi lewat tapi Paspampres yg saya lingkari ini memukul perut saya sambil bentak "Rasah Salaman" (tidak usah bersalaman). Wong saya cuma liat saja.. Biarpun saya org kecil tapi saya laporkan penganiayaan baru (di)pecat kamu, mentang-mentang jadi Paspampres sudah kyk gitu," tulis Eka dalam postingannya, seperti dikutip brilio.net, Selasa (20/6).

Ada yang mendukung Eka untuk melaporkan kejadian tak terduga yang menimpanya itu, tapi banyak juga yang memintanya memaklumi karena pengamanan dalam keramaian oleh paspampres memanglah tidak mudah, mengingat ancaman bisa datang kapan saja. Pusat Penerangan TNI pun belum memeberi keterangan apapun saat brilio.net mencoba meminta tanggapan melalui akun resmi Puspen TNI.

Dalam website resminya pun dijelaskan bahwa paspampres memang memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan di manapun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya saat berkunjung ke Indonesia.