Brilio.net - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan teguran kepada TV One, Senin (22/8). Surat teguran nomor 660/K/KPI/08/16 itu ditujukan untuk program acara 'Damai Indonesiaku'. Isi acara televisi itu dinilai KPI tidak layak disiarkan kepada publik karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

"Program tersebut menampilkan dakwah/ceramah dimana terdapat segmen sesi tanya jawab 'boleh gak orang Islam memilih pimpinan orang Kristen?', 'sepanjang ada mukmin jangan pilih kafir', '..rakyatnya jangan kaya rakyat jablay dong', 'pemimpinnya bisa jadi germo, rakyatnya jablay'. KPI Pusat menilai perbincangan tersebut tidak dapat ditayangkan di ruang publik karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat. Patut diingat, bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) adalah hal yang sangat sensitif dan wajib dihormati. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap nilai-nilai kesukuan, agama, ras, dan antargolongan," tulis KPI dalam situs resminya.

TV One ditegur KPI © 2016 brilio.net

Tayangan 'Damai Indonesiaku' tersebut merupakan edisi tanggal 31 Juli 2016 yang tayang pukul 16.36 WIB. Nah, berikut ini surat teguran KPI yang dilansir brilio.net dari situs resmi KPI, Kamis (25/8):

Nah, berikut ini video lengkapnya acara tersebut: