Brilio.net - Sadar nggak sih di era sekarang sedikit banget kuis yang tayang di televisi? Kalaupun ada kebanyakan obrolan presenternya, kuisnya cuma sebentar. Kalau nggak begitu, format acaranya membosankan dan nggak seru. Pokoknya beda banget deh sama kuis tahun 90-an yang seru dan ditunggu-tunggu tiap malamnya.

Kuis tahun 90-an dikenal memberi banyak pengetahuan dan hadiahnya wow banget. Belum lagi presenternya yang ikonik dan komunikatif, duh jadi bikin kangen deh. Nah brilio.net akan membawamu bernostalgia dengan menyajikan daftar kuis tahun 90-an, jangan pada baper ya?

1. Apa ini Apa itu

Kuis satu ini pertama kali dibawakan oleh Elmo namun kemudian melambung saat dipandu oleh Jeffry Woworuntu. Konsepnya sederhana hanya menebak gambar, lagu, tokoh, namun selalu sukses membuat penonton ikut larut hingga berlomba-lomba menjawabnya dari rumah. Seru banget deh. Tayang di RCTI setiap Senin- Jumat pukul 12.30 WIB-13.00 WIB.

2. Kata Berkait

Yang suka sastra dan bahasa wajib deh ikut ini. Kuisnya adalah merangkai satu kata dengan kata lain. Dipandu oleh Nico Siahaan di RCTI setiap Senin-Jumat.

3. Berpacu dalam Melodi

Kuis satu ini termasuk yang paling fenomenal karena bisa bertahan hingga 10 tahun mulai dari tahun 1988 hingga 1998. Peserta disuruh menebak lagu apa ini dan disuruh meneruskan lirik lagu. Presenternya Koes Hendratmo dan ditayangkan di TVRI setiap Selasa dan Kamis.

4. Siapa Dia

Hey Hey siapa Dia, pasti kamu akrab dong jingle satu ini. Yap inilah kuis paling seru di tahun 90-an, judulnya Siapa Dia. Peserta akan disuruh menebak pekerjaan dari tamu misterius. Kuis ini dipandu langsung oleh Almarhum Aom Kusman.

5. Famili 100

Kuis ini bisa disebut-sebut sebagai kuis terpanjang di Indonesia. Episodenya sampai 2500 dan mulai tayang dari tahun 1996. Dua keluarga akan diadu menebak sebuah pertanyaan yang sudah disurvei ke 100 orang. Dipandu langsung oleh Nico Siahaan.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT KUIS LAIN YANG LEBIH KONDANG!

2 dari 2 halaman


6. Jari - Jari

Nah, kalau kuis ini agak berbeda dengan kuis lainnya, tidak melibatkan peserta di studio. Melainkan peserta dari semua daerah yang tersambung lewat telepon. Duh, dulu rasanya keajaiban banget kalau bisa nembus acara ini, soalnya susah banget telepon nyambung karena banyaknya orang yang antusias ingin ikut. Acara ini dipandu oleh Pepeng.

7. Tak Tik Boom

Nah, kalau nonton kuis ini agak serius, soalnya peserta akan diuji dalam sebuah adu pengetahuan. Meski begitu seru banget kok, dijamin bikin kamu ikutan pinter setelah nonton kuis ini. Dipandu oleh Dede Yusuf dan ditayangkan di RCTI.

8. Kuis Keluarga Lifebuoy

Kuis ini memang disponsori langsung oleh produk sabun. Mengundang beberapa keluarga untuk disuruh menebak gambar yang telah disediakan. Acara ini dikomando langsung oleh Cathy Bonn dan tayang di RCTI.

9. Kuis Dangdut

Nah, kalau kuis satu ini dipersembahkan untuk pecinta lagu dangdut. Peserta akan disuruh menebak judul lagu dangdut yang dimainkan dalam waktu sebentar. Seru deh apalagi yang memandu Jaja Miharja. Jangan lupa slogannya yang terkenal, 'Apaan tuh?'.

10. Kuis Piramida

Kuis ini simpel sebenarnya, peserta hanya disuruh menebak kata per kata hingga membentuk piramida. Kuis ini dipandu langsung oleh Ronny Sianturi dan mengudara di RCTI mulai tahun 1995 hingga 1999.