Brilio.net - Belakangan tren ikoy-ikoyan trending di media sosial. Sebenarnya tren ikoy-ikoyan ini sejenis giveaway yang digagas oleh YouTuber Arief Muhammad. Kala itu, Arief yang berniat untuk bagi-bagi rezeki pun meminta followers-nya untuk mengirim direct message (DM) jika sedang membutuhkan sesuatu.

"Kalian DM aja ke gue, lagi butuh apa nih sekarang? Jujur aja, ga usah disedih-sedihin, ga usah dilebay-lebayin, jujur aja. Yang spam pasti tidak akan dipilih. Santai-santai aja kita, rejeki nggak kemana," tulis Arief lewat Instagram Story, dilansir brilio.net pada Selasa (3/8).

tren ikoy-ikoyan ajarkan mengemis © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ariefmuhammad

Istilah ikoy-ikoyan sendiri diambil dari nama salah satu staf Arief Muhammad yang akrab disapa Ikoy. Arief Muhammad kerap meminta tolong Ikoy saat hendak mentransfer uang. Ada yang meminta dana untuk pengobatan, sampai yang sepele meminta dikirimi cokelat karena sedang PMS.

Setelah menghabiskan dana pribadi hingga ratusan juta, aksi Arief Muhammad ini tenyata sempat mendapat titipan dana dari perusahaan dan brand. Karena aksi inilah sejumlah selebriti dan infuencer ikut terkena dampaknya. Tak sedikit followers meminta para seleb dan infuencer untuk melakukan tren ikoy-ikoyan.

Memang sebagian seleb ada yang menanggapi tren ini sebagai kegiatan seru-seruan saja. Mulai dari Rachel Vennya, Teuku Wisnu, Tasya Farasya, dan Andien juga meramaikan tren ini.

Namun ada pula seleb yang terang-terangan menolak bahkan menyebut tren ikoy-ikoyan mengajarkan untuk 'mengemis'. Salah satunya ada Nana Mirdad yang resah dengan tren ikoy-ikoyan.

tren ikoy-ikoyan ajarkan mengemis © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nanamirdad

"Ayo, masyarakat Indonesia jangan punya mental minta ini minta itu ke orang. Dilatih untuk kerja keras dan punya semangat yang gigih untuk dapatkan yang kita mau. Kalian pasti bisa," kata Nana Mirdad.

Awkarin bahkan menyindir followers-nya yang mengaku benar-benar tidak punya, padahal bisa mengakses internet untuk mengikuti tren.

"Dear hahaha, kamu masih punya pulsa buat akses internet berarti kamu belom seterbatas itu. Imagine out there orang-orang yang beneran butuh 1000 untuk menyambung hidup?" tegas Awkarin.

Chelsea Olivia juga menyatakan tak akan ikut tren ikoy-ikoyan.

"Saya tidak mau mengajarkan followers saya menjadi orang minta-minta yahh. Yuklah Indonesia bikin tren yang baik, jangan malah hal memalukan dibikin viral," tulisnya.

Setelah mengetahui keresahan artis yang ditodong ikoy-ikoyan, Arief Muhammad mengaku tak enak hati dan telah meminta maaf.

"Rachel... dan mungkin sekalian mau ngomong ke temen-teman lain yang ditagihin followers-nya untuk ikoy-ikoyan.. gue minta maaf, yaa," ungkapnya.

Arief juga mengaku bahwa pihaknya tidak pernah meminta warganet untuk melakukannya ke artis lain. Ia tahu betul bahwa followers lamanya mengerti kebiasaan serta menanggapi tiap postingannya dengan santai.

(brl/lin)

(brl/lin)