Brilio.net - Sebagai seorang kreator konten sekaligus influencer, Arief Muhammad merasakan betul dampak pandemi Covid-19. Kendati selama ini dikenal sebagai influencer yang berpenghasilan besar, tapi tak serta merta membuatnya aman dalam hal finansial. Selama pandemi, job yang ia terima pun berkurang.    

Menyiasati kondisi ini, Arief memutar otak mencari peluang bisnis untuk bertahan hidup. Salah satunya menjalankan bisnis online mulai dari pakaian hingga kuliner. Pria kelahiran 26 Oktober 1990 ini pun berbagi pengalaman dan tips dalam menjalankan bisnis. Berikut 4 tips ala Arief Muhammad yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online bagi pelaku bisnis atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

1. Belajar strategi pemasaran online

4 Tips sukses bisnis online ala Arief Muhammad © 2021 brilio.netsimplilearn.com

Strategi pemasaran konvensional menurut Arief kurang jitu dilakukan di era digital. Karena itu ia menyarankan untuk mempelajari strategi pemasaran online. Misalnya dengan mencoba iklan di Facebook. Bisa juga membuat video promosi di Youtube atau meng-endorse selebgram untuk mempromosikan produk yang ingin dipasarkan.

Loading...

2. Menjalin interaksi dengan pelanggan

4 Tips sukses bisnis online ala Arief Muhammad © 2021 brilio.net

Di era digital seperti sekarang, media sosial jangan hanya digunakan untuk kepentingan pertemanan semata. Tapi bisa juga dimanfaatkan untuk menjalin interaksi dengan para pelanggan. Misalnya saja dengan cara membalas komentar secara cepat. Lalu kamu juga bisa meminta testimony atau sekadar menyapa.

3. Buka kesempatan bermitra

4 Tips sukses bisnis online ala Arief Muhammad © 2021 brilio.net

Saat ini mungkin bukan zamannya lagi untuk memperlihatkan persaingan di antara pelaku bisnis. Sebaliknya, di era digital kita justru bisa berkolaborasi dan membuka kesempatan bermitra dengan pihak lain yang dapat memberikan keuntungan. Sebut saja dengan jasa pemesanan dan pengiriman barang online atau jasa pembayaran digital.

4. Mengikuti berbagai kegiatan di media sosial

4 Tips sukses bisnis online ala Arief Muhammad © 2021 brilio.net

Saat ini banyak pihak yang menyelenggarakan kegiatan untuk membantu UMKM berkembang. Salah satunya kegiatan yang dilakukan akun @daihatsuInd. “Lumayan kan hadiahnya bisa buat tambah modal usaha dan mengurangi biaya operasional kita selama 1 bulan,” ujar Arief di sela-sela menjadi admin @daihatsuInd.

Sebagai informasi nih, media sosial @daihatsuInd selalu mengadakan kegiatan-kegiatan positif untuk mendukung pelaku bisnis UMKM. Berkolaborasi dengan Arief Muhammad, Daihatsu memberikan modal usaha Rp 10 juta dan support total 5 unit Grand Max untuk kebutuhan operasional 1 bulan penuh kepada 5 UMKM yang terpilih.

“Kegiatan semacam ini akan terus kita buat untuk membantu para pelaku bisnis (UMKM) di Indonesia agar lebih termotivasi dan bisa mencetak pelaku-pelaku bisnis yang baru,” ujar Rudy Ardiman, Head of Domestic Marketing Division Daihatsu.

Nah buat kalian para pelaku bisnis (UMKM). Tunggu apalagi, langsung follow dan ikuti @daihatsuInd. Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis ya.