Brilio.net - Wisuda tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi murid maupun mahasiswa. Tak hanya para wisudawan, orang tua pasti ikut bangga dan bahagia. Segala doa dan perjuangan mereka terbayar dengan kelulusan sang anak. Mahasiswa yang telah lulus akan segera menapaki kehidupan selanjutnya usai menuntaskan tanggung jawab pendidikan.

Namun, tak selamanya momen wisuda menjadi kebahagiaan sang orang tua. Hal tersebut dirasakan oleh seorang ibu yang mewakili sang anak pada hari wisudanya.

Momen tersebut diabadikan dan diunggah dalam Instagram resmi UIN Sunan Kalijaga. Sang anak diketahui merupakan mahasiswa di salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Dalam acara wisuda yang digelar pada Kamis (16/6) tersebut, seorang ibu menggantikan kehadiran anaknya.

Saat pelaksanaan prosesi penyematan tali toga dan ijazah, nama-nama para wisudawan dipanggil ke depan. Namun, tatkala nama sang anak dipanggil, yang maju ke depan panggung justru sang ibu. Tepuk tangan ikut mengiringi sang ibu saat maju ke depan.

Kehadiran sang ibu disambut langsung dengan pelukan erat dekan fakultas tempat anaknya belajar. Terlihat sang ibu tampak tak kuasa menahan air matanya sambil menerima ijazah mendiang sang anak.

ibu wakili wisuda mendiang anak © Instagram/@uinsk

foto: Instagram/@uinsk

Dikutip brilio.net dari Instagram @uinsk, sang anak diketahui bernama Siti Fatimah Fajrin yang merupakan mahasiswa Magister Akidah dan Filsafat Islam. Almarhumah berpulang pada 20 Februari 2022 usai sebulan menyelesaikan tesisnya.

Suasana wisuda tersebut berubah menjadi haru biru. Beberapa yang menghadiri wisuda dan menyaksikan momen tersebut menyeka air mata. Ucapan belasungkawa dan doa dihaturkan langsung kepada ibunda almarhumah.

"Husnul khotimah untuk ananda Siti Fatimah Fajrin, sosok perempuan yang tangguh nan cerdas. Kebaikan dan budi pekertimu yang menginspirasi akan selalu hidup dalam sanubari keluarga dan teman-teman terkasih. Al faatihah," tulis keterangan dalam video.

Video tersebut mendapatkan beragam respon dari warganet. Berbagai doa untuk mendiang diucapkan lewat kolom komentar.

"Alllahummaghfirlaha warhamha. Semoga husnul khatimah," tulis akun @jumira.rj.

"Semoga husnul Khotimah dan keluarga yg di tinggalkan mendapatkan kesabaran," kata akun @tulandatrirezeki.

"Khusnul khotimah ya Allah," ucap akun @achmad_bea.

"Allohumagfirlahaa waafihi wafuanhaa," ucap akun @idhar_hanifudin.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh UIN Sunan Kalijaga (@uinsk)

(brl/jad)

(brl/jad)