Brilio.net - Jika pedagang lain memenuhi gerobaknya dengan barang jualannya, maka sedikit berbeda dengan penjual satu ini. Di samping mengisi gerobaknya dengan bahan makanan untuk berdagang, lelaki penjaja burger di Pasirkuda, Bogor ini juga membawa sebuah spons atau busa berukuran besar.

Tak pelak, barang tersebut pun jadi sorotan oleh sejumlah pembeli. Didorong oleh rasa ingin tahu, salah seorang pembeli lantas memberanikan diri untuk bertanya apa maksud di balik dibawanya spons tersebut.

Dikutip brilio.net dari akun TikTok @vinkaanz, Rabu (30/6), rupanya spons tersebut menyimpan sebuah kisah haru. Dalam video yang diunggah oleh perempuan bernama Vinka itu diketahui bahwa busa tersebut dibawa untuk keperluan sang anak.

"Ada yang aneh gak sama video ini. Yup yang jeli pasti tahu ini busa. Untuk apa kok jual burger tapi bawa spons atau busa," tulis sang pemilik akun dalam videonya.

Vinka lalu menjelaskan bahwa penjual burger tersebut selalu membawa sang anak tiap kali berjualan. Sementara, busa yang dibawa itu digunakan sebagai alas duduk sang anak ketika ikut naik gerobak.

"Bapak ini bawa anak loh. Hampir tiap hari aku lewat, tapi baru kali ini sempat berhenti dan beli burgernya. Jadi busa itu untuk alas duduk anaknya di atas gerobak. Aku gak video pas anak di atas gerobak karena awalnya gak niat video. Pas lihat anak duduk di atas gerobak, benar-benar speechless," ungkapnya.

pedagang burger bawa busa © TikTok

foto: TikTok/vinkaanz

Perempuan itu kemudian mengaku bahwa ia sempat berprasangka buruk terhadap lelaki penjual burger tersebut. Ia curiga jika sang pedagang membawa sang anak karena hendak meminta belas kasihan orang.

"Ya Allah jujur awal-awal ngelihat bapak ini jualan aku suudzon, mikirnya kok jualan, mangkal di jalan, bawa-bawa anak sih. Sekarang banyak modus gitu, sering banget lihat video yang ternyata cuma minta belas kasih aja. Hari ini benar-benar lihat gimana anak duduk di atas roda, dialasin busa, diiket mirip safety belt dan memang jualan. Bukan minta belas kasihan seperti yang aku pikir," sambungnya.

Lebih jauh, dalam video terlihat pula jika anak dari penjual itu tidak rewel sama sekali saat sang ayah melayani pembeli. Seperti sudah memahami orangtuanya yang harus mencari nafkah, sang anak justru asyik bermain sendiri dengan bonekanya.

@vinkaanz

Semenjak punya anak melow banget liat yg ginian

original sound - Vinka

 

Dalam waktu singkat, video tersebut lalu menjadi viral. Terhitung hingga artikel ini ditulis, unggahan yang telah mendapat lebih dari 79 ribu likes itu telah ditonton sebanyak lebih dari 1,1 juta kali.

Sementara itu, melalui kolom komentar, warganet lantas berbondong-bondong menuliskan beragam respons. Banyak di antara mereka yang turut terharu dengan perjuangan pedagang burger itu. Di sisi lain, tak sedikit pula netizen yang tergerak ingin mendonasikan sebagian rezekinya untuk sang penjual.

"Ya allah bapaknya rapi and bersih banget jualannya. Nangis banget pas bapaknya bilang makasih ke mbak sama masnya. Sehat-sehat terus ya," tulis akun Sweet Candy.

"Salah satu ngevideoin diem-diem yang aku setuju. Tanpa membuat subjek tersinggung, cuma mau kasih info kalau di situ ada dagangan yang layak buat dibeli," komentar akun gasukakuah.

"Eh, ini mah tukang burger yang suka beli nasi ke emak gue, emang kasihan banget makan aja kadang sama seblak pakai nasi berdua sama anaknya," tulis akun nadilapark_.

"Waktu itu gue beli burgernya malam-malam, pas dia mau titipin gerobaknya daerah Ciomas, dia cerita kalau istrinya TKI, nggak balik-balik karena dipersulit agency," komentar akun Minda Sari.

"Open donasi kak," tulis akun bawel.