Brilio.net - Jujur saja, tanganmu pasti suka 'gatal' kan melihat jerawat ataupun komedo yang muncul pada wajah. Memencetnya memang tampak seperti solusi yang menggoda dan cara tercepat menghilangkannya. Namun sebenarnya hal ini malah membahayakan bagi kesehatan lho. Seperti yang terjadi pada gadis malang di Guangzhou, China ini.

infeksi otak karena komedo dipencet  © 2017 berbagai sumber

Seorang ibu yang tidak diketahui identitasnya membantu memencet komedo di hidung putrinya yang baru berusia 10 tahun. Seperti brilio.net lansir dari laman World of Buzz, Jumat (15/12), kejadian ini terjadi minggu lalu.

Namun tak lama kemudian, gadis muda itu mengalami demam dan merasa pusing serta mengantuk. Keluarganya mengira ia baru saja terkena flu. Sayangnya, keadaan semakin memburuk lagi di mana ia mengalami sakit kepala parah, kehilangan nafsu makan dan bahkan muntah.

Gadis itu pun di bawa ke rumah sakit yang lebih besar setelah gejalanya memburuk. Kemudian diketahui kalau gadis 10 tahun itu mengalami tekanan sangat tinggi di tengkoraknya. Kemungkinan disebabkan oleh penumpukan nanah dan bahan lainnya di otak akibat infeksi bakteri atau jamur.

Loading...

infeksi otak karena komedo dipencet  © 2017 berbagai sumber

Pemindaian MRI kemudian menegaskan bahwa ada nanah yang menggumpal di salah satu bagian tengkoraknya dengan sebuah abses di otaknya. Ia dilaporkan menderita Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) atau juga dikenal sebagai infeksi 'superbug'. Bakteri ini resisten atau tahan terhadap beberapa antibiotik yang banyak digunakan dan jauh lebih sulit diobati.

infeksi otak karena komedo dipencet  © 2017 berbagai sumber

Tanpa membuang waktu, para dokter dengan cepat melakukan operasi darurat pada gadis muda tersebut dan mengeluarkan abses di bagian tengkoraknya, sepanjang 8 milimeter nanah. Sang dokter penasaran bagaimana gadis itu terjangkit infeksi berbahaya itu. Ia pun bertanya kepada keluarganya tentang gaya hidup mereka.

infeksi otak karena komedo dipencet  © 2017 berbagai sumber

Saat itulah, dokter menemukan penyebabnya di mana ibu gadis itu memencet komedo di hidungnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Daerah antara hidung dan mulut rupanya disebut sebagai 'segitiga berbahaya' karena pembuluh darah di wilayah ini terhubung langsung ke otak. Jadi, jika seseorang memencet komedo atau jerawat di daerah itu, mereka berisiko terkena infeksi bakteri seperti yang diderita gadis malang tersebut.

infeksi otak karena komedo dipencet  © 2017 berbagai sumber

Beruntung, gadis muda itu tepat waktu di bawa ke rumah sakit dan berangsur pulih. Kejadian ini tentu menjadi pelajaran bagi kita semua. Meskipun gemas saat melihat komedo atau jerawat, jangan pernah memencetnya.