Brilio.net - Apakah kamu termasuk orang yang punya kebiasasan menggigit kuku? Meski tanpa sadar sering kamu lakukan, rupanya kebiasaan ini digolongkan sebagai kebiasaan buruk yang lebih sulit dihilangkan daripada kebiasaan merokok, lho.

Kebiasaan mengigit kuku atau dalam bahasa medis disebut dengan onychophagia sering dilakukan saat seseorang merasa cemas, bosan, ketakutan, atau stres. Kebiasaan ini sering dilakukan saat seseorang terjebak macet, menonton televisi, membaca buku, belajar atau apapun disaat jari-jemarinya tidak digunakan.

Tampaknya bukanlah kebiasaan yang berbahaya ya? Namun, nyatanya kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. Seperti kejadian yang dialami seorang bocah bernama Kate.

Sang ibu, Sara Guidry mengaku putranya ini sudah lama memiliki kebiasaan menggit kuku.

Suatu hari, ia melihat ada benda berwarna putih menempel di bagian gusi Kate. Merasa penasaran, Sara pun memeriksanya. Setelah memeriksa gusi Kate, betapa terkejutnya Sara saat menemukan empat potongan kuku tersangkut di gusi anaknya. Ia kemudian menggunakan pinset untuk membersihkan potongan kuku dari gusi Kate.

Loading...

Untuk memastikan mulut anak laki-lakinya bebas dari potongan kuku, Sara lalu memeriksa seluruh mulut anaknya dan menemukan ada 27 potongan kuku yang menempel di gusi. Menggunakan pinset, Sara akhirnya berhasil mengumpulkan 31 potongan kuku.

Apa yang ia alami membuatnya amat terkejut. Lewat akun Facebooknya, Sara pun membagikan pengalamannya tersebut. Ia memberi peringatan kepada kedua orangtua untuk mengajarkan anaknya agar tidak menggigit kuku. Mengingat kebiasaan menggigit kuku sangatlah berbahaya dan bisa menganggu kesehatan tubuh.

Bahaya yang dapat terjadi jika seseorang memiliki kebiasaan menggigit kuku antara lain meningkatkan risiko infeksi pada daerah sekitar kuku, mengubah struktur gigi, kuku tumbuh ke bawah kulit hingga lebih mudah terserang infeksi kuman, seperti radang tenggorokan hingga diare. Bahkan yang lebih berbahaya bisa meningkatkan risiko keracunan jika kamu kuku yang kamu gigit sedang dipoles cat kuku.

Dan berikut video yang merekam aksi Sara saat mengambil potongan kuku di gusi Kate: