Brilio.net - Memasuki tahun ajaran baru biasanya para orang tua murid akan mempersiapkan segala hal yang baru, seperti seragam, alat tulis, hingga sepatu untuk anaknya. Hal itu dilakukan untuk menyambut tahun ajaran baru sekaligus memberikan semangat sang anak agar lebih giat dalam belajar.

Seperti kisah yang baru-baru ini viral di media sosial tentang seorang ayah yang mencium seragam sekolah sang anak. Namun, karena suatu musibah, ayah tersebut menangis sesenggukan akibat seragam sekolah anaknya rusak.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @noviagustinanovi pada Minggu (17/7) lalu. Dalam video berdurasi 18 detik tersebut tampak seorang ayah yang menangis sesenggukan sambil melihat keadaan di sekitarnya. Kondisi di depan rumah tersebut begitu kacau yang dipenuhi lumpur akibat bencana banjir.

Ayah ini menangis cium seragam sekolah anaknya TikTok

foto: TikTok/@noviagustinanovi

Tangisan seorang ayah itu begitu pilu seraya membawa seragam rok merah anaknya yang pelajar Sekolah Dasar (SD). Diketahui, si ayah menangis begitu pedih karena seragam anaknya tersebut terkena banjir. Seragam yang dipegang itu terlihat kotor terlumuri lumpur bekas banjir bandang sembari dicium dan ditangisi oleh si ayah dalam video itu.

Sementara itu, si perekam mencoba menenangkan dan meminta si ayah tersebut sabar. Namun, ia tetap terus menerus menangisi musibah yang menimpa keluarganya.

"Tangisan pilu seorang ayah ketika seragam anaknya terkena banjir, mungkin ada perjuangan keringatnya untuk membeli seragam itu," tulis pengunggah dalam cuplikan video.

Keluarga pria tersebut merupakan korban banjir yang menimpa Kabupaten Garut. Bencana banjir melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut pada Jumat (15/7/2022). Guyuran hujan yang terjadi sejak Jumat petang hingga malam mengakibatkan 13 kecamatan di Kabupaten Garut terdampak banjir. Banyak warga yang mengalami kerugian akibat sapuan air yang menggenangi permukiman mereka.

Ayah ini menangis cium seragam sekolah anaknya TikTok

foto: TikTok/@noviagustinanovi

Kecamatan Garut Kota merupakan salah satu wilayah yang paling parah terdampak banjir. Namun, belum diketahui secara pasti alamat lengkap bapak-bapak yang menangisi seragam anaknya tersebut.

"Yang dia tangisi adalah seragam baru yang seharusnya dipakai anaknya sekolah di ajaran tahun baru, tapi malah rusak terkena banjir bandang semalam, sesedih itu," kata akun tersebut dalam keterangannya video unggahannya.

Karena hal itulah video unggahan tersebut menjadi viral, dan hingga saat ini, Senin (18/7) seperti yang brilio.net lansir dari akun TikTok @noviagustinanovi telah dilihat sebanyak 1,1 juta kali dan menuai ribuan komentar warganet.

Banyak warganet yang meluapkan perasaan pilu seorang ayah dalam video itu. Bahkan, sebagian dari mereka meminta untuk diadakan penggalangan donasi untuk bapak tersebut.

"ya Allah pak nyesekkk nya nyampe sini, sehat2 pak," tulis akun @esseberrypop111.

"begitu berartinya masa depan seorang anak, hingga seragam pun menjadi senagat berharga bagi seorang kepala keluarga...," komentar akun @user2307202572875.

"alm ayah dulu, setiap taun ajaran baru pasti ke rumah sepupu yang udah lulus buat minta seragam bekas. gua ama adek2 seneng bgt meski bukan yang baru," cerita serupa dari pemilik akun @islah9339.

"kak buka donasi kak pliss aku mau bantu insyaallah saya bisa mencukupi semua keperluan sekolahnya," usul pemilik akun @ayuuuuputri.

"pasti bapakny sedih banget... krn cari uang beli seragam tuuu susah bangettt," komentar pemilik akun @sonyanunu.

@noviagustinanovi Yang dia tangisi adalah seragam baru yang seharusnya dipakai anaknya sekolah di ajaran tahun baru, tapi malah rusak terkena banjir bandang semalam, sesedih itu #banjirgarut #banjirbandang @panda_garut Ayah - Seventeen