Brilio.net - Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dimakamkan TPU Sasonolayu di kampung halamannya di Boyolali, Senin (8/7).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa pemakaman Sutopo dilakukan seperti pemakaman militer.

"Pemakamannya akan kita coba dengan tata cara militer, tetapi pesertanya dari kalangan PNS," katanya seperti dilansir dari Antara.

Dia mengaku sudah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali untuk menerjunkan PNS sebagai peserta upacara pemakaman almarhum Sutopo.

Karena pemakaman yang dilakukan secara militer, maka sebelum jenazah Sutopo dibawa ke peristirahatan terakhirnya akan dilakukan upacara kenegaraan dan adat tradisional.

Loading...

Dalam upacara pemakaman di Boyolali tersebut tampak sejumlah pejabat hadir untuk melayat. Selain itu, kerabat dan warga sekitar juga turut mengantar jenazah ke TPU. Salah satu pejabat yang turut hadir melepas kepergian Sutopo adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berikut ini beberapa potret prosesi pemakaman Sutopo yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (8/7).

1. Beginilah suasana pemakaman Sutopo yang terlihat begitu ramai. Tak sedikit yang merasa kehilangan sosok teladan Sutopo.

Twitter/@SL0BLD © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@SL0BLD

2. Pemakaman Sutopo digelar secara militer dengan upacara khusus yang dilakukan sebelum mengantarkan Sutopo ke peristirahatan terakhirnya.

Twitter/@SL0BLD © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@SL0BLD

3. Beberapa pejabat ikut melayat, salah satunya Ganjar Pranowo.

Twitter/@SL0BLD © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@SL0BLD

4. Ini suasana di rumah duka, Ganjar hadir untuk memberikan penghormatan terakhirnya kepada Sutopo.

Twitter/@PDI_Perjuangan © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@PDI_Perjuangan

5. Sama-sama mendoakan Sutopo sebelum diberangkatkan ke peristirahatan terakhirnya.

Twitter/@PDI_Perjuangan © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@PDI_Perjuangan

6. Tak hanya keluarga dan beberapa pejabat negara saja yang ikut serta dalam membantu melaksanakan pemakaman, namun penduduk sekitar juga ikut turun tangan.

Twitter/@PDI_Perjuangan © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@PDI_Perjuangan

7. Beginilah suasana rumah duka yang dipenuhi banyak pelayat serta awak media.

8. Selesai upacara pemakaman, jenazah Sutopo langsung dimakamkan. Anggota TNI dibantu beberapa masyarakat lainnya ikut membantu.

9. Suasana ketika mengiringi jenazah Sutopo menuju ke makam.