Brilio.net - TransJakarta mempunyai jalur khusus yang dinamakan busway. Jalur ini dibuat untuk menghindari bus dari kemungkinan terkena macetnya Kota Jakarta. Jika transportasi umum ini punya jalur khusus sendiri maka penumpang akan lebih nyaman untuk naik TransJakarta. Terhindar dari macet dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

Namun banyak pengendara nakal yang memanfaatkan busway ini untuk kepentingan pribadi. Mereka menyerobot jalur untuk menghindari kemacetan. Padahal dalam pasal 287 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tertulis bahwa penorobos jalur bus akan didenda Rp500 ribu. Tapi sepertinya aturan itu tidak membuat para pengendara takut. Karena sampai sekarang masih banyak yang menerobos jalur bus TransJakarta.

Jika sedang beruntung para penerobos akan berhasil tanpa halangan. Tapi kalau sedang apes, bisa ditilang hingga terjadi kecelakaan lalu lintas. Sampai sejauh ini sudah banyak kejadian seperti itu yang menimpa pengendara ngeyel yang menerobos busway.

Berikut ini 7 momen apes penorobos busway yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Terjepit oleh bus dan separator busway.

2. Memaksakan masuk jalur bus mobil ini harus dipaksa berjalan mundur karena pada saat bersamaan ada bus lewat dari arah yang berlawanan.

3. Terpentok gerbang jalur busway.

apes busway berbagai sumber

foto: dagelan.co

4. Motor ini sampai harus masuk kolong Transjakarta karena tertabrak bus.

apes busway berbagai sumber

foto: teropongsenayan.com

5. Terserempet bus, tak hanya mobilnya yang rusak tapi juga penerobos ini diamuk oleh penumpang.

6. Kalau udah ada razia gini semua pada panik, sampai gotong-gotong motor biar bisa keluar dari busway.

7. Kecelakaan parah, salah satu contohnya ini saat mobil yang masuk jalur bus menabrak TransJakarta.

(brl/pep)