Brilio.net - Dunia pendidikan Indonesia dapat dikatakan belum semaju negara lain, misalnya saja Singapura sebagai negara tetangga atau Finlandia yang disebut sebagai negara bersistem pendidikan super bagus. Namun siapa yang berani menjamin semangat sekolah anak-anak Indonesia, dalam hal di pelosok daerah, itu kecil?

Melalui 17 foto yang diunggah akun Facebook Siti Aisah Rachman, sebagaimana dikutip brilio.net, Minggu (1/5), berikut ini bukti semangat anak-anak Indonesia dalam belajar justru tinggi.

Perjuangan mereka berjalan dari rumah ke sekolah sampai-sampai harus mempertaruhkan nyawa sendiri. Sayangnya, kemirisan kondisi ini sempat dijadikan bahan lelucon oleh situs humor 9GAG beberapa waktu lalu. Kalau menurut kamu gimana, Sobat Brilio?

Berikut kumpulan foto perjuangan anak-anak Indonesia dalam mengenyam pendidikan. Bisa jadi bahan renungan untuk kamu terus semangat belajar dan meraih cita-cita.


1. Bukan hanya yang sudah cukup besar atau seusia SMP, mereka yang masih SD pun juga turut merasakan perjuangan perjalanan ke sekolah melewati jembatan rusak. Di bawahnya ada sungai yang bisa saja membahayakan nyawa mereka.




2. Tanpa pijakan kaki, para gadis SMP ini berusaha untuk tak jatuh dengan memegang tali yang disediakan.




3. Para 'ninja' cilik (demikian yang ditulis 9GAG) sedang bergegas dalam menuntut ilmu.




4. Meskipun tak disebutkan dalam kabar yang beredar di internet mereka sedang pergi atau pulang sekolah, potret ini menjadi renungan tersendiri. Sebegini beratkah perjuangan aset bangsa?




5. Bocah-bocah SD ini menjadi terlatih menghadapi kerasnya hidup.




6. Tak jelas bocah ini berada di kota mana dan foto ini diambil kapan. Banyak pihak berharap ada perhatian dari pemerintah untuk bisa memberikan fasilitas memadai untuk mobilitas warga, termasuk anak sekolah.

LIHAT JUGA NANTI: 13 Foto sekolahan paling mewah sedunia yang bakal membuatmu terpukau


7. Semangat mereka bersekolah tak luntur meskipun sekali waktu malas dan takut. Kamu pun akan merasakan seperti itu, kan? Apa pun kamu lakukan demi meraih cita-cita walaupun terkadang rasa malas dan bosan melanda.




8. Di atas kali yang tampak berarus tenang tapi menghanyutkan, bocah-bocah ini tetap menjalankan aktivitasnya. Baik itu pergi sekolah, pulang sekolah, atau bermain sepulang sekolah. Siapa yang tahu? Tapi tetap saja jembatan usang ini yang menjadi 'pegangan' mereka.




9. Potret yang miris bagi banyak mata yang menikmati banyak kenikmatan fasilitas hidup.




10. Kalau tak berpegangan kuat, bisa tergelincirlah mereka. Hati mereka selalu harus siap dengan segala risiko.




Masih ada 7 foto terakhir. Dijamin makin bikin kamu bersyukur. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




11. Bahkan bukan semata anak sekolah, warga pun harus melewati jembatan rusak ini. Harusnya ini mencolok mata para kaum hedonis sekaligus yang hobi korupsi.




12. Selain harus menjaga keseimbangan bersepeda, para siswi ini juga harus berpegangan supaya nggak jatuh.




13. Mungkin aktivitas menyeberang sungai seperti ini sudah jadi 'mainan' tersendiri. Kondisi yang memaksa mereka bertahan diri.




14. Kalau tak ada jembatan yang bahkan hanya berupa tali, mereka harus pandai berjalan melewati arus sungai. Mereka pun harus menyelamatkan seragam dan buku-buku.




15. Saat air sungai surut, barulah mereka bisa menyeberang tanpa harus berenang.




16. Ketika jembatan sudah jatuh pun, bocah-bocah ini memilih berjalan di atas permukaan kayu yang sempit.




17. Selesai 'berenang' menyeberangi sungai, mereka harus bersiap untuk bertemu guru dan kawan-kawan.