Brilio.net - Aturan saat berkendara di jalan raya sangatlah beragam. Misalnya mengenai kelengkapan surat-surat kendaraan, surat izin mengemudi, dan yang paling penting mengenai keamanan berkendara. Aturan tersebut lebih diutamakan karena banyak sekali risiko berkendara seperti kecelakaan.

Contoh aturan mengenai keamanan berkendara ialah memakai helm. Helm sangat penting demi menjaga kepala dari benturan. Bagi pengendara mobil juga penting untuk memakai sabuk pengaman. Tujuannya agar tubuh tidak terbentur dan terpental ketika terjadi benturan yang keras.

Meski telah memakai pengaman untuk berkendara, pengendara mungkin tetap akan mengalami kecelakaan yang berakibat fatal. Banyak kecelakaan meninggalkan sakit fisik yang parah. Misalnya patah kaki dan tangan, sobekan di beberapa bagian tubuh dan juga kerusakan pada organ dalam tubuh.

Manusia sangat rentan terluka saat mengalami kecelakaan. Pasalnya tubuh manusia hanya terdiri dari susunan tulang yang dilapisi daging lunak. Persendian dan tulang juga gampang patah apabila terbentur dan terpental. Kira-kira bagaimanakah seharusnya anatomi tubuh manusia agar bertahan dari kecelakaan?

Sebuah agensi transportasi di Australia, Transport Accident Commission (TAC) membuat gambaran berupa imajinasi anatomi tubuh orang yang akan bertahan dari tabrakan. Mereka menciptakan sosok bernama Graham, yakni manusia khayal yang tubuhnya anti luka meski mengalami kecelakaan. Hadirnya Graham merupakan bagian dari kampanye untuk keamanan berkendara.

Nah seperti apa sih sosok Graham ini? Yuk simak penjelasannya berikut dilansir brilio.net dari blazepress.com, Jumat (15/3).

1. Graham berbeda dari manusia biasanya. Ia tidak memiliki leher sehingga kepalanya langsung tertempel ke bahu. Pasalnya leher sangat gampang patah jika terbentur.

graham anatomi © blazepress.com

2. Graham punya banyak puting yang bisa mengembang, guna melindungi rusuk dan organ di dalamnya.

graham anatomi © blazepress.com

3. Puting yang banyak ini berfungsi sebagai airbag.

graham anatomi © blazepress.com

4. Puting ini juga melindungi rusuk dari benturan keras.

graham anatomi © blazepress.com

5. Muka Graham pun datar dan cenderung menjorok ke dalam, sehingga beberapa organ di mukanya tidak mudah terbentur.

graham anatomi © blazepress.com

6. Di mukanya terdapat banyak lemak sebagai pelindung organ di bawahnya.

graham anatomi © blazepress.com

7. Tempurung kepala Graham lebih tebal. Di dalam kepalanya juga banyak cairan yang melindungi otak.

graham anatomi © blazepress.com

8. Kakinya juga terdiri dari sendi-sendi yang memudahkan Graham meloncat. Saat terjadi benturan, Graham bisa dengan mudah berpindah tempat.

graham anatomi © blazepress.com

9. Penghubung kepala Graham dengan badannya dilengkapi tulang penjepit yang melindungi dari cedera sebab gerakan tiba-tiba.

graham anatomi © blazepress.com

10. Lapisan kulitnya juga lebih tebal, sehingga melindungi otot di dalamnya dari sayatan benda tajam.

graham anatomi © blazepress.com