Brilio.net - Tahukah kamu, ternyata monyet dan kera adalah dua spesies yang berbeda. Perbedaan keduanya secara sederhana dapat dilihat dari ciri fisiknya. Jika kamu memperhatikan, keduanya cukup bisa dibedakan dari cara berjalannya saja lho.

Kera dan monyet memang digolongkan dalam satu keluarga primata. Dalam Bahasa Inggris, monyet disebut monkey, sedangkan kera disebut ape. Jadi jika kamu menonton film Planet of the Apes, primata yang di dalamnya itu adalah jenis kera ya. Dari sini saja, sudah terlihat bahwa kedua spesies ini ternyata berbeda. Terkadang orang-orang tertukar dalam menyebut kedua jenis hewan beda spesies ini.

Ada banyak jenis primata di dunia dengan bentuk fisik serupa, yang dibagi dalam klasifikasi monyet dan kera. Jadi jangan sampai salah sebut ya!

Agar kamu lebih mudah menentukan jenis primata monyet atau kera, yuk simak perbedaan antara monyet dan kera seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Minggu (15/4).


1. Inilah tabel klasifikasi ilmiah dari primata agar lebih mudah menentukan primata yang kamu jumpai masuk kategori kera atau monyet.

monyet kera beda © 2018 berbagai sumber

foto: jurnalbumi.com



2. Secara fisik, yang disebut monyet adalah primata dengan ekor yang lebih panjang. Sedangkan kera memiliki ekor yang lebih pendek.

monyet kera beda © 2018 berbagai sumber

foto: biodiversitywarriors.org;nationalgeographi.co.id



3. Dari segi volume otak, ternyata monyet memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan kera.

monyet kera beda © 2018 berbagai sumber

foto: satuharapan.com;petelagi.com



4. Monyet berjalan dengan kaki dan tangannya, sedangkan kera dapat berjalan tegak dengan tangan yang lebih panjang daripada kakinya.

monyet kera beda © 2018 berbagai sumber

foto: treknature.com;pixabay.com


Nah, jangan sampai salah sebut lagi, ya guys!