Brilio.net - Kamu penggemar film kartun dari Looney Tunes? Tentu ingat dengan karakter Tasmanian Devil. Hewan ini benar-benar ada di kehidupan nyata, dalam keadaan terancam punah. Tim Faulkner adalah salah seorang yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan kepunahan mereka. Tim adalah penjaga Tasmanian Devil di Tassie Devil Ark, Tomalla, New South Wales, Australia. Tim juga merawat hewan-hewan lainnya terutama yang masih bayi.

Hewan ini memang bernama Tasmanian Devil atau dalam bahasa Indonesia Setan Tasmania, dalam bahasa latin Sarcophilus harrisii. Termasuk hewan marsupialia, yaitu kelompok mamalia yang betinanya memiliki marsupium (kantong perut). Masih saudara dengan kanguru dan koala. Hewan yang  kini hanya ada di Pulau Tasmania Australia ini dulu sempat diburu karena dianggap mengancam sapi ternak di pulau tersebut. Tumor muka yang mewabah juga turut mengurangi populasinya secara drastis.

Hewan ini berukuran kurnag lebih sama dengan seekor anjing kecil, bedanya memiliki badan kekar dan berotot. Mampu mendaki dan berenang dengan baik, serta suka berlari. Bulu-bulunya berwarna hitam dan bersifat karnivora.

Di Devil Ark tempat Tim bekerja, Tasmanian Devil dewasa tersisa 150  ekor. Sedangkan yang masih bayi terdapat sekitar 1000 ekor lebih. Tempat ini memulai operasi pada tahun 2011 dengan jumlah awal 44 ekor Tasmania.

1. Ukuran bayi Tasmania.

Tasmanian Devil  © 2017 Devil Ark



2. Tim bersama bayi Tasmania.

Tasmanian Devil  © 2017 Devil Ark



3. Meski masih kecil tapi mukanya sangar.

Tasmanian Devil  © 2017 Devil Ark



4. Suaranya keras menganggu.

Tasmanian Devil  © 2017 Devil Ark



5. Tasmania bisa memburu hewan lain.

Tasmanian Devil  © 2017 Devil Ark



6. Ini penampakan kelincahan Tasmanian Devil.