Brilio.net - Bagi para pemilik hewan peliharaan seperti kucing, tentu sangat memperhatikan pakan yang tepat untuk kucing mereka. Karena kalau salah memberi makan bisa memengaruhi keluhan kesehatan si kucing itu sendiri, terutama fisik.

Dokter hewan drh Angela Maharani mengatakan kucing merupakan hewan yang sangat memilih-milih makanan. Jadi saat kucing tidak mau makan bukan berarti dia sakit, tapi ingin makanan variasi lain.

"Pastikan kasih kucing selalu cat food, karena kandungan yang ada pada cat food sudah sangat lengkap," katanya saat ditemui media di acara launching Fancy Feast hadirkan dua varian gourmet spesial di Jakarta, Jumat (24/11).

Kebanyakan orang awam yang selalu memberikan makan kucing dengan makanan yang dimakan oleh manusia. Hal itu yang membuat banyak keluhan yang dialami oleh kucing peliharaan, salah satunya adalah kerontokan pada bulu kucing.

"Itu terjadi (bulu kucing rontok) kalau kita ngasih makanannya yang home food seperti ikan dan bukan cat food tidak lengkap susunan gizinya, mereka cuma ada protein saja. Dengan asam amino yang terbatas," ucapnya.

Angela menambahkan bila diberi makanan khusus kucing, kandungan nutrisi seperti protein hewani, asam amino, lemak, vitamin, mineral dan water sudah sangat lengkap.

"Jadi makanan kucing itu memang propper untuk kebutuhan rambut dan lainnya. Jadi kalau kerontokan pada rambut karena kucing itu kekurangan nutrisi yang ia dapat dari makanan," tutupnya.