Brilio.net - Anjing jenis cihuahua bernama Miracle Milly memecahkan rekor dunia. Anjing cihuahau terkecil di dunia ini berhasil dikloning sebanyak 49 kali. Anjing berusia 6 tahun ini merupakan hewan peliharaan CEO Hollywood Chis, Vanesa Semler.

Proses pengkloningan anjing berukuran tinggi 3,8 inchi (9,65 cm) dan panjang 2,6 inchi ini dilakukan di Laboratorium Sooam Biotech di Korea Selatan. Proses pengkloningan yang dilakukan Sooam Biotech ini menuai perdebatan dari banyak kalangan. Pihak Sooam Biotech sendiri telah melakukan proses pengkloningan hewan sejak tahun 2006.

cihuahua 49 © 2018 brilio.net

foto: cademyofworldrecords.com

Sooam Biotech berhasil membujuk dan bekerja sama dengan Vanesa untuk mengizinkan hewan peliharaannya digandakan. Sooam Biotech menyakinkan Vanesa bahwa hewan peliharaannya ini adalah hewan istimewa. Tahun 2012 silam, Miracle Milly ini berhasil mendapat pengakuan dari dunia sebagai anjing terkecil di dunia.

Loading...

cihuahua 49 © 2018 brilio.net

foto: cademyofworldrecords.com

Pihak peneliti ingin memperbanyak jumlah dari hewan terkecil di dunia. Dikutip dari laman Oddity Central, Sooam Biotech mulai melakukan penelitian pada Agustus 2017. Sooam pun mengumumkan bahwa mereka berhasil melakukan kloning Miracle sebanyak 49 ekor. Sooam menggunakan teknologi yang sama dengan proses pengkloningan Domba Dolly pada tahun 1996.

Dilansir dari laman Academy World Records, proses kloning dimulai dengan mengambil sel hewan dan inti selnya. Selanjutnya sel telur diberi sengatan listrik untuk memacu perkembangan sel telur. Setelah beberapa hari, sel telur dimasukkan ke hewan pengganti (ibu pengganti) untuk proses pembuahan.

cihuahua 49 © 2018 brilio.net

foto: cademyofworldrecords.com

Ibu pengganti ini tak harus dari jenis yang sama, meski akan lebih baik jika memiliki ukuran sama. Kini Miracle Milly berhasil memecahkan rekor baru yakni sebagai hewan dengan hasil kloning terbanyak, yakni 49 ekor.