1. Home
  2. »
  3. Wow!
6 April 2022 08:25

Pengertian Yaumul Ba’ats menurut Islam serta dalilnya

Tak sedikit ayat Alquran menunjukkan peristiwa Hari Kebangkitan ini. Siti Wulandari Mamonto
Dalil naqli adanya Yaumul Ba'ats Hari Kebangkitan

Dalil naqli adanya Yaumul Ba'ats Hari Kebangkitan.

foto: pixabay.com

BACA JUGA :
Ain adalah penyakit timbul dari hati, ketahui penjelasan lengkapnya


a. Dalil dalam Alquran ada yang langsung menggunakan kata baats, ada pula yang memiliki makna yang sama. Semuanya menceritakan adanya Yaumul Ba'ats (Hari Kebangkitan) setelah kematian.

Yaumul Baats dalam Surat Al-Infithar: 4

dan apabila kuburan-kuburan dibongkar,

BACA JUGA :
Pengertian sunnah, hukum, manfaat dan contohnya

Yaumul Baats dalam Al-Adiyat: 9

Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur, ..

Yaumul Baats dalam Al-Hajj: 6-7

6. Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu,

7. dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

b. Yaumul Baats dalam Al-Anam: 36

36. Hanya mereka yang mendengar sajalah yang mematuhi (seruan Allah), dan orang-orang yang mati (hatinya), akan dibangkitkan oleh Allah, kemudian kepada-Nya-lah mereka dikembalikan.[iii]

c. Yaumul Baats dalam Al-Qashash: 85

Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al Quran, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali. Katakanlah: Tuhanku mengetahui orang yang membawa petunjuk dan orang yang dalam kesesatan yang nyata.

d. Yaumul Baats dalam At-Taghabun: 7

Orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah: Memang, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. [iv]

e. Dalil Tentang Baats dalam Ar Rum: 50
Ayat ini menceritakan tentang bagaimana Allah mampu menghidupkan bumi setelah mati (kering). Begitu juga Dia mampu menghidupkan orang mati. Ini merupakan salah satu permisalan yang diberikan Allah tentang adanya baats.

Perhatikanlah jejak-jejak rahmat Allah, bagaimana Dia menghidupkan bumi setelah mati (kering). Sesungguhnya (Zat yang melakukan) itu pasti berkuasa menghidupkan orang yang telah mati. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. (Ar Rum: 50)

f. Dalil Tentang Baats dalam At Thariq: 5-8
Ayat ini menceritakan tentang penciptaan awal manusia dan Allah mampu mengembalikannya setelah kematian. Ini salah satu ayat dalil tentang baats (kebangkitan).

* * *

(5) Hendaklah manusia memperhatikan dari apa dia diciptakan. (6). Dia diciptakan dari air (mani) yang memancar, (7). yang keluar dari antara tulang sulbi (punggung) dan tulang dada. (8). Sesungguhnya Dia (Allah) benar-benar kuasa untuk mengembalikannya (hidup setelah mati)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags