1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
3 November 2020 06:09

10 Keutamaan bulan Rabiul Awal serta amalan sunah bagi umat Islam

Salah satunya hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Bulan Rabiul Awal adalah bulan setelah bulan Safar dan sebelum Rabiul Akhir. Bagi Muslim, Rabiul Awal adalah bulan yang dimuliakan dan bulan yang ditunggu-tunggu. Karena, di bulan inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

Nabi Muhammad dilahirkan dengan membawa wahyu dari Allah SWT untuk menyelamatkan umat manusia dari gelapnya dunia menuju jalan terang sebagai bekal di akhirat nanti.

BACA JUGA :
Bacaan sholawat Tibbil Qulub, Arab, Latin, dan artinya


Junjungan umat Islam, Nabi Muhammad SAW lahir pada 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah. Bertepatan dengan hari Senin pada tahun 571 dalam kalender Romawi. Pada tahun 2020 ini, 12 Rabiul awal bertepatan dengan Kamis, 29 Oktober lalu.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (3/11), kelahiran Nabi Muhammad menjadi rahmat yang dapat menjauhkan umatnya dari berbagai kehancuran dan bermacam-macam bahaya baik di dunia dan akhirat. Dalam Alquran surat As-Syura ayat 25, Allah berfirman:

BACA JUGA :
Bacaan doa tolak bala dan qunut nazilah, lengkap dengan arti

Wa huwallazii yaqbalut-taubata 'an 'ibaadihii wa ya'fu 'anis-sayyi'aati wa ya'lamu maa taf'alun

Artinya:
"Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Bulan kelahiran Rasulullah ini tentu memiliki berbagai keistimewaan. Salah satunya hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Ketika sudah memasuki bulan Rabiul Awal, ada baiknya umat Islam mengerjakan amalan-amalan sunah.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags