1. Home
  2. ยป
  3. Serius
3 Februari 2022 17:11

4 Seragam satpam dari masa ke masa, ada disebut mirip polisi India

Polri mengganti warna seragam Satpam karena dinilai terlalu mirip seragam polisi. Brilio.net
foto: Merdeka.com

Brilio.net - Polri akhirnya memutuskan untuk mengganti warna seragam satpampada Rabu (2/2/2022) dari cokelat menjadi krem. Sebab, warna cokelat dinilai terlalu mirip dengan seragam polisi.

Dari masa ke masa, sejak 1980, setidaknya sudah empat kali warna seragam satpamberganti. Berikut 4 potret seragam satpam dari masa ke masa, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/2).

BACA JUGA :
Polri resmi kenalkan warna seragam baru satpam, ini penampakannya


1. Putih-biru

foto: Instagram/ @satpam.gallery

Satpam dibentuk karena keterbatasan personel polisi dalam menjaga keamanan. Satpam dibentuk oleh Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin, Kapolri 1978-1982, lewat Surat Keputusan Kapolri No.Pol.:SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980 tentang Pola Pembinaan Satpam.

BACA JUGA :
Viral rayuan gombal satpam Binus Anggrek, bikin tersipu

Diputuskan seragam satpam berwarna biru-biru untuk lapangan dan biru-putih untuk lingkungan gedung perusahaan. Seragam warna inilah yang identik dengan penampilan satpam.

2. Hitam/Biru tua

foto: Instagram/@satpam.gellery

Tak hanya putih-biru, satpam juga memiliki seragam yang berwarna gelap yaitu hitam/biru tua yang biasanya untuk kegiatan di lapangan.

3. Cokelat

foto: Instagram/@satpam.gallery

Pada awal 2021 seragam putih-biru tak lagi digunakan, berganti menjadi cokelat. Pergantian warna seragam tersebut dimaksudkan agar menciptakan kedekatan emosional antara satpam dan pembinanya, polisi. Tak hanya itu, warna cokelat juga dianggap netral dan identik dengan warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu. Namun, warna cokelat ini menimbulkan perbincangan di masyarakat karena dianggap terlalu mirip seragam polisi.

4. Krem

foto: merdeka.com

Polri pada awal Februari 2022 memutuskan untuk mengganti lagi warna seragam satpam dari cokelat ke krem. Seragam baru itu diperkenalkan dalam upacara Peringatan HUT ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Reporter: Anindya Kurnia

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags