Brilio.net - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah mengubah warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) dari warna cokelat muda ke warna krem. Penampakan seragam baru tersebut secara resmi dikenalkan pada hari ini, Selasa (2/2) 2022 bertepatan dengan HUT Ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri di Jakarta.

Dikutip brilio.net dari humas.polri.co.id, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, pengenalan sergam baru ini tidak lain merupakan bentuk sosialisasi pada masyarakat.

seragam baru satpam Berbagai sumber

foto: Facebook/Divisi Humas Polri

Sebenarnya rencana perubahan seragam baru satpman ini sudah ramai dibahas pada Januari 2022. Hal ini demi mengatasi kebingungan di tengah masyarakat yang sulit membedakan seragam satpam dan polisi karena terlalu mirip.

 

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Untuk membedakan pakaiannya rencananya warna seragamnya lebih muda sedikit dari baju Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Selasa (2/2).

Setelah melakukan pengkajian terkait, rencananya Polri akan mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) terkait perubahan warna seragam satpam tersebut. Warna seragam baru satpam ini akan diimplementasikan tahun depan.

 

seragam baru satpam Berbagai sumber

foto: Instagram/divisihumaspolri

Perubahan warna seragam menuai beragam reaksi dari warganet. Ada yang menyambut baik seragam baru satpam karena membantu membedakan dengan polisi, ada yang berharap seragam satpam kembali menjadi putih-biru, bahkan ada pula yang justru menilai seragam baru satpam ini mirip dengan polisi di India.

"Aca aca nehi nehi," tulis @samuelhutasoit11.co.

"Malah mirip polisi vrindavan, " sebut @abaiquny_

"Mohon ijin komandan, apabila seragam satpam dinilai terlalu mirip dengan seragam polisi,mohon kembalikan saja ke seragam yang lama.. Putih biru dan biru dongker, kembalikan identitas satpam seperti yang dahulu, satpam tidak pernah meminta seragamnya diganti warna coklat sama seperti polisi @divisihumaspolri," kata @hendra_blaugrana.