1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
15 September 2023 17:45

Rumus keliling layang-layang, beserta ciri, contoh soal, dan cara pengerjaannya

Untuk menghitung rumus keliling layang-layang nggak rumit kok. Sri Jumiyarti Risno
foto: freepik.com

Brilio.net - Layang-layang merupakan permainan tradisional yang nggak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Layang-layang terbuat dari bahan tipis seperti kertas atau plastik yang diberi kerangka dari bambu atau besi dan dihubungkan dengan tali atau benang ke pengendali. Dalam matematika, layang-layang merupakan bangun datar yang menyerupai belah ketupat.

Tetapi keduanya berbeda, sebab layang-layang mempunyai dua sisi pasang yang sama panjang, namun tidak sejajar. Selain bentuknya yang khas, ternyata layang-layang juga mempunyai sifat khusus, seperti dua diagonal yang berpotongan dan saling tegak lurus, dua sudut yang sama besar, dan satu sumbu simetri.

BACA JUGA :
Kumpulan rumus aljabar dalam matematika, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya


Sifat dan bentuknya yang khas ini membuat rumus layang-layang menarik untuk dipelajari. Apalagi materi tentang rumus layang-layang sering muncul dalam berbagai ujian di sekolah. Tak hanya menghitung luasnya, dalam matematika juga terdapat materi menghitung keliling layang-layang.

Untuk menghitung rumus keliling layang-layang nggak rumit kok. Kamu hanya perlu mengingat bentuk layang-layang dan rumusnya yang mudah. Dengan begitu, akan lebih mudah menjawab setiap soal-soal layang-layang yang berikan. Berikut rumus keliling layang-layang, beserta ciri, contoh soal, dan cara pengerjaannya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (15/9).

Rumus keliling layang-layang

BACA JUGA :
Cara menghitung volume bola, lengkap dengan ciri dan contoh soalnya

foto: Istimewa

Keliling layang-layang adalah jumlah panjang dari semua sisinya. Layang-layang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang, tetapi tidak sejajar. Untuk mengetahui rumus menghitung keliling layang-layang pahami gambar berikut:

foto: Istimewa

Pada gambar tersebut terdapat sifat bangun datar layang-layang, diketahui bahwa ukuran sisi AB = ukuran sisi AD = a, ukuran sisi BC = ukuran sisi CD = b. Sehingga keliling layang-layang yaitu:

Keliling layang-layang = 2 x (sisi atas + sisi bawa) atau K = a x (a + b)

Keterangan:

K = Keliling
Sisi atas (a) = panjang sisi layang-layang yang berlawanan dengan sisi bawah.
Sisi bawah (b) = panjang sisi layang-layang yang sejajar dengan tanah atau bidang datar ketika layang-layang diletakkan.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags