Brilio.net - Perjalanan unik kembali dilakukan warga Indonesia. Kali ini perjalanan unik dilakukan oleh Yudi Karyono (52), warga Panembahan Kraton Yogyakarta. Yudi melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta dengan menaiki egrang, permainan tradisional anak yang sudah banyak dilupakan.

Pemberangkatan Yudi dilakukan pada Rabu (10/6) pukul 08.40 WIB di Kantor Kecamatan Kraton oleh Camat Kraton Yogyakarta. Dalam kesehariannya, Yudi merupakan tukang kebun di TK ABA Suryacandra Panembahan setiap paginya. Sementara saat siang hari ia menjadi juru parkir di salah satu jasa pengiriman dekat Purawisata Yogyakarta.

Yudi Karyono, naik egrang ke Jakarta untuk bertemu Presiden

Aris Musthofa (33), keponakan Yudi yang mengikuti pemberangkatan mengungkapkan bahwa salah satu misi Yudi adalah ingin mengenalkan kembali egrang kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa.

"Selain itu, kakak saya ke Jakarta ingin bertemu Presiden Jokowi dan Mendikbud Anies Baswedan," kata Aris kepada brilio.net, Rabu (10/6).

Yudi Karyono, naik egrang ke Jakarta untuk bertemu Presiden

Yudi ingin bertemu Anies Baswedan untuk meminta Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengangkat kembali kebudayaan lama yang sudah banyak ditinggalkan masyarakat.

Untuk melakukan misi tersebut, Yudi secara khusus membuat egrang dari besi agar bisa tahan lama dan tidak rusak seperti egrang yang dari bambu. Selain itu, sebulan terakhir Yudi juga sudah melakukan latihan menaiki egrang di berbagai medan.

"Kemarin sudah latihan di Imogiri yang jalannya naik turun, juga sudah pernah naik egrang di Gunung Sempu Bantul," terang Aris.

Yudi Karyono, naik egrang ke Jakarta untuk bertemu Presiden

Yudi sudah memperkirakan butuh waktu satu setengah bulan untuk bisa sampai di Istana Negara. Targetnya, dalam sehari bisa menempun jarak 20 km.

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi