Brilio.net - Seseorang yang baru memeluk Islam mengambil baju perang milik Tsabit ibnu Qais yang telah gugur dalam Perang Yamamah. Baju itu tergeletak begitu saja sehingga dia merasa berhak mengambilnya.

Dalam kesempatan lain, seorang muslim mengakui pernah didatangi Tsabit ibnu Qais dalam mimpi. Dikisahkan dalam buku 60 Orang Besar di Sekitar Rasulullah SAW karangan Khalid Muhammad Khalid yang dikutip pada Jumat (10/7), Tsabit lalu memberi orang itu wasiat sebagai berikut:

"Aku akan memberimu sebuah wasiat, dan hati-hatilah jangan sampai kau menganggap ini adalah mimpi belaka sehingga engkau menyia-nyiakannya. Ketika aku mati, ada seseorang yang melewati jenazahku dan mengambil baju besiku. Laki-laki itu tinggal di paling ujung sana. Ia memiliki kuda yang selalu memberontak dalam tali kekangnya. Ia meletakkan baju besiku dalam sebuah wadah, dan di atasnya ada pelana. Datangilah Khalid ibnu Walid, mintalah ia untuk menugaskan orang agar mengambil baju besiku. Dan jika engkau tiba di Madinah dan bertemu khalifah Abu Bakar, sampaikanlah bahwa aku memiliki tanggungan utang sekian. Karena itu, hendaknya ia melunasinya,"

Orang ini pun mendatangi Khalid ibnu Walid untuk menceritakan mimpinya. Khalid lalu mengutus seseorang untuk menunaikan apa yang diminta Tsabit dalam mimpi tersebut. Orang yang diutus pun mengakui gambaran yang ia dapati sama persis dengan yang disampaikan Tsabit dalam mimpi.

Satu lagi wasiat Tsabit ditunaikan ketika kaum muslimin telah berada di Madinah. Orang yang didatangi Tsabit di mimpi itu menceritakan permintaan Tsabit tersebut kepada Khalifah Abu Bakar. Sang khalifah langsung menunaikannya.

Khalid Muhammad Khalid menuliskan dalam bukunya bahwa dalam Islam tidak ada wasiat orang yang sudah meninggal lalu ditunaikan selain wasiat dari Tsabit ibnu Qais ini.

BACA JUGA:

Cerita Satpol PP: Disuruh gembala kambing malah orangnya yang hilang

Ini cara anggota Satpol PP menyembuhkan orang gila dalam waktu 6 bulan

Berbekal uang pribadi, Satpol PP ini rawat orang gila, mulia sekali

Joko Mulyanto, sopir panggilan yang dirikan panti asuhan

Pengalaman buruk dorong motor, Kasturi jadi penambal ban panggilan

Konsultasi psikologi online bentukan mahasiswa UGM ini diakui dunia

Jangan stres! Konsultasikan problem psikologi lewat online di sini