Brilio.net - Ayin, mahasiswi Jurusan Geodesi Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat karya yang tak banyak dibuat oleh orang lain. Dia membuat web yang diberi nama "Ayo Laporkan!- Protecting The Education with GIS (Sistem Informasi Geografi)" berisi peta Indonesia. Karyanya itu adalah hasil pengembangan portal semacamnya yang sudah ada di luar negeri. Pengerjaannya pun hanya seminggu.

Portal ini dibuat untuk memudahkan masyarakat untuk melaporkan kondisi akses jalan ke sekolah, serta kondisi sekolah yang rusak hanya dengan mengisi data dan posisi lokasi secara otomatis dan manual. Sehingga tranparansi kondisi sekolah di Indonesia jelas.

Dengan memanfaatkan GIS (Sistem Informasi Geografi), koordinat lokasi sekolah yang rusak dan aksesnya bisa diketahui langsung, serta rute terdekat dari pusat pemerintahan terkait serta akses jarak tempuh ke lokasi yang dilaporkan di berbaagai provinsi di Indonesia.

"Penggunaannya diharapkan membantu pemerintah melakukan pemetaan kondisi sekolah yang rusak secara efisien dan mengambil kebijakan serta penentuan anggaran," kata Ayin saat berbincang dengan brilio.net, Selasa (12/5).

Mahasiswi UGM ini kembangkan portal pemantau kondisi sekolah, top!

Menurut Ayin, portal yang seperti dia buat memang sudah ada di Kemendikbud. Namun saat ini informasinya hanya berupa data-data statistik, sehingga masyarakat tidak tahu secara langsung sekolah dan akses mana yang rusak.

"Melalui portal ini pemerintah juga bisa langsung melakukan analisis data spasial dalam waktu relatif singkat," imbuh gadis berhijab ini.

Mahasiswi UGM ini kembangkan portal pemantau kondisi sekolah, top!