Brilio.net - Dunia Instagram yang berisi kumpulan foto-foto dan video dengan durasi singkat ternyata menarik salah seorang seniman asal New York untuk memanfaatkannya. Eits tapi kelakuannya menjual foto orang lain di Instagram seharga USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar tanpa meminta izin kepada pemilik foto asli.

Seniman bernama Richard Prince ini memamerkan 37 foto yang diambil dari berbagai Instagram orang lain. Ia hanya mengambil sejumlah posting-an dari aplikasi berbagi foto populer tersebut dan mencetaknya ke dalam ukuran besar.

Tahukah kalian, beberapa waktu lalu ada foto Instagram milik orang lain yang dijual di pameran Frieze Art Fair, New York dengan nilai USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar. Sialnya, salah satu foto yang dia jual ternyata milik seorang wanita bernama Doe Deere, dan beberapa temannya menghubunginya ketika menjumpai hasil karyanya dipajang di pameran tersebut.

Doe Deere kemudian mengatakan kepada para follower Instagram-nya bahwa Prince tidak meminta izin untuk menggunakan fotonya di pameran itu. "Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dari posting-an asli saya. Saya tidak memberikan izin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu)," tulis pemilik akun @doedeere di Instagramnya (17/5).